Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Berlari Untuk Mood Yang Lebih Baik dan Stabil

Manfaat Berlari

manfaat berlari manfaat lari manfaat lari pagi manfaat jogging olahraga lari membuat otot kaki menjadi manfaat lari sore manfaat jogging pagi manfaat olahraga lari manfaat lari siang lari jogging bermanfaat untuk manfaat lari zig zag sebutkan manfaat jogging manfaat lari di tempat manfaat lari pagi setiap hari pengertian lari dan manfaatnya manfaat lari malam manfaat lari sprint olahraga lari sangat bermanfaat untuk kesehatan manfaat lari pagi untuk diet lari pagi bermanfaat untuk manfaat lari cepat manfaat atletik sebutkan manfaat berlari manfaat lari zigzag manfaat gerak lari olahraga lari sangat bermanfaat bagi kesehatan manfaat lari ditempat manfaat joging siang hari manfaat jogging setiap hari olahraga lari pagi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan manfaat jogging adalah manfaat olahraga lari pagi manfaat jogging di pagi hari manfaat olahraga jogging manfaat lari sore untuk wajah manfaat olahraga lari sore manfaat olahraga atletik manfaat berlari bagi tubuh jogging setiap hari manfaat lari bagi tubuh manfaat berlari adalah manfaat lari sore bagi orang gemuk manfaat lari jarak menengah manfaat lari pelan manfaat lari sore bagi orang kurus jogging untuk melatih jelaskan manfaat olahraga lari fungsi lari manfaat lari pagi dan sore manfaat lari 12 menit manfaat jogging malam manfaat olahraga berlari manfaat lari untuk otot manfaat lari siang hari manfaat lari jogging manfaat lari setiap hari jogging melatih otot manfaat olahraga siang hari manfaat jogging pagi hari bagi pria manfaat dari jogging jogging melatih fungsi lari pagi manfaat lari pagi bagi wajah manfaat lari di siang hari manfaat lari pagi adalah manfaat jogging subuh manfaat jogging pagi untuk wanita lari membuat badan lari pagi menyehatkan tuliskan tiga manfaat olahraga olahraga lari bagi tubuh kita sebutkan manfaat dari berlari berlari dilakukan agar tubuh menjadi manfaat lari pagi bagi orang kurus manfaat olahraga lari pagi adalah manfaat lari adalah manfaat jogging bagi wanita manfaat dari lari berlari membuat badan menjadi manfaat lari naik turun tangga jogging termasuk latihan jam jogging yang baik olahraga lari dapat membuat otot kaki menjadi jogging termasuk olahraga manfaat lari zig zag adalah tuliskan tiga manfaat olahraga lari bagi tubuh kita bolehkah jogging setiap hari jogging dapat melatih manfaat lari siang pakai jaket yang termasuk manfaat dari jogging adalah jogging bisa menurunkan berat badan manfaat jogging untuk orang kurus manfaat dari berlari lari pagi bisa menurunkan berat badan manfaat lari pagi bagi orang gemuk manfaat lari siang pakai jaket sauna manfaat jogging di siang hari jelaskan manfaat jogging manfaat lari sore untuk tinggi badan manfaat jogging bagi tubuh olahraga lari dapat membuat jantung kita







Manfaat berlari selain mudah dilakukan dan tidak memerlukan peralatan khusus, berlari juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

Tidak hanya membakar kalori, berlari juga dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan jantung serta paru-paru, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperkuat otot.

Berlari juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan mood dan kesejahteraan secara keseluruhan.



Apa Yang Dimaksud Dengan Mood Swing?

Mood swing adalah perubahan mendadak pada perasaan dalam rentang waktu yang singkat. Mood swing menyebabkan perubahan emosi yang naik turun dan kadang tidak terkendali.

Mood swing membuat kita merasakan perubahan emosi yang tajam. Di satu titik kita merasa senang, tapi beberapa saat kemudian kita bisa merasa sedih atau marah yang luar biasa.

Atau dari yang awalnya jengkel dan marah, sesaat kemudian berubah menjadi perasaan tenang dan nyaman.

Jika mood swing dibiarkan menjadi kebiasaan, pada akhirnya ini akan berdampak pada kehidupan sosial dan tentu saja kehidupan pribadimu.



Kenapa Mood Tidak Stabil?

Mood yang tidak stabil bisa dipicu oleh beberapa faktor. Pada wanita, mood swing biasanya terjadi karena perubahan hormon saat hamil, menopause, atau saat sedang menstruasi. 

Namun, mood yang tidak stabil juga bisa dipicu oleh banyak hal selain yang disebutkan diatas, dan tidak cuma dialami oleh wanita saja.

Kelelahan juga bisa membuat mood menjadi tidak stabil. Apalagi jika kelelahan itu terjadi pada fisik dan juga mental.



Kenapa Olahraga Bisa Meningkatkan Mood?

Olahraga bisa meningkatkan mood karena beberapa faktor, baik dari segi medis maupun psikologis. Berlari dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik, namun ternyata lari juga memiliki mafaat untuk kesehatan psikis atau mental kita. Jadi apa yang menyebabkan olahraga lari bagus untuk meningkatkan mood?


Manfaat Berlari Itu Seperti Ganja

Selain endorfin yang dihasilkan otak setelah lari, perasaan santai & bahagia setelah berlari juga disebabkan oleh adanya endocannabinoids - zat biokimia yang mirip dengan ganja tetapi diproduksi secara alami oleh tubuh.

Lari bermanfaat untuk mood kita karena mampu meningkatkan kadar endocannabinoid dalam aliran darah. 

Tidak seperti endorfin yang hanya berada di otak, endocannabinoid dapat bergerak dengan mudah melalui aliran darah dari otak ke seluruh tubuh, di mana zat ini meningkatkan efek psikoaktif jangka pendek seperti mengurangi kecemasan dan memberikan perasaan tenang.


Meningkatkan Pembuluh Darah di Otak

Lari secara teratur dapat memicu pertumbuhan pembuluh darah baru untuk menyehatkan otak. Lari juga dapat menghasilkan sel-sel otak baru di lokasi tertentu melalui proses yang disebut neurogenesis, yang dapat menyebabkan peningkatan kinerja otak secara keseluruhan dan mencegah penurunan fungsi otak.

Kalau kamu sering merasa tidak fokus, gampang ngantuk, dan capek tanpa sebab, mungkin itu karena pasokan darah di otak sedang tidak optimal. Efek dari lari yang meningkatkan pembuluh darah di otak mampu meningkatkan produktivitas dan moodmu.


Lari Adalah Anti-depressant Alami

Efek lari untuk mood mungkin sangat dipengaruhi oleh hal ini. Lari memiliki efek antidepresi yang diketahui sangat baik. Artinya, lari mengurangi kemampuan kamu merasakan galau, sedih, dan sakit. 

Karena bila dilakukan dengan benar dan rutin, lari bisa menumpulkan respons otak terhadap stres fisik dan emosional. 

Kamu jadi lebih tahan terhadap hal-hal yang biasanya bikin orang lain down, sedih, dan marah. Istilahnya kamu jadi "mati rasa" terhadap hal-hal yang bisa membuatmu marah, sedih, kecewa, dll.


Performa Keseluruhan Otak Meningkat

Terlebih lagi, pada hippocampus – bagian otak yang terkait dengan memori dan pembelajaran – diketahui mengalami peningkatan volume pada orang yang berolahraga secara teratur. 

Orang yang rutin lari cenderung lebih fokus pada pencarian solusi dari suatu masalah, ketimbang masalah itu sendiri.

Dengan menjadikan lari, joging, (atau latihan aerobik apa pun) sebagai bagian rutin dari rutinitasmu, kamu akan memperoleh manfaat berlari yang lebih dari sekadar keuntungan fisik dari waktu ke waktu. 

Otak manusia sebagai bagian terpenting dari organ kita, butuh segala jenis bantuan yang bisa kita berikan. 

Jadi kalau sudah jelas ada yang bagus, sebaiknya kamu mulai rutin lari agar bisa mendapatkan semua manfaat dari olahraga lari untuk mood yang lebih baik.


manfaat berlari manfaat lari manfaat lari pagi manfaat jogging olahraga lari membuat otot kaki menjadi manfaat lari sore manfaat jogging pagi manfaat olahraga lari manfaat lari siang lari jogging bermanfaat untuk manfaat lari zig zag sebutkan manfaat jogging manfaat lari di tempat manfaat lari pagi setiap hari pengertian lari dan manfaatnya manfaat lari malam manfaat lari sprint olahraga lari sangat bermanfaat untuk kesehatan manfaat lari pagi untuk diet lari pagi bermanfaat untuk manfaat lari cepat manfaat atletik sebutkan manfaat berlari manfaat lari zigzag manfaat gerak lari olahraga lari sangat bermanfaat bagi kesehatan manfaat lari ditempat manfaat joging siang hari manfaat jogging setiap hari olahraga lari pagi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan manfaat jogging adalah manfaat olahraga lari pagi manfaat jogging di pagi hari manfaat olahraga jogging manfaat lari sore untuk wajah manfaat olahraga lari sore manfaat olahraga atletik manfaat berlari bagi tubuh jogging setiap hari manfaat lari bagi tubuh manfaat berlari adalah manfaat lari sore bagi orang gemuk manfaat lari jarak menengah manfaat lari pelan manfaat lari sore bagi orang kurus jogging untuk melatih jelaskan manfaat olahraga lari fungsi lari manfaat lari pagi dan sore manfaat lari 12 menit manfaat jogging malam manfaat olahraga berlari manfaat lari untuk otot manfaat lari siang hari manfaat lari jogging manfaat lari setiap hari jogging melatih otot manfaat olahraga siang hari manfaat jogging pagi hari bagi pria manfaat dari jogging jogging melatih fungsi lari pagi manfaat lari pagi bagi wajah manfaat lari di siang hari manfaat lari pagi adalah manfaat jogging subuh manfaat jogging pagi untuk wanita lari membuat badan lari pagi menyehatkan tuliskan tiga manfaat olahraga olahraga lari bagi tubuh kita sebutkan manfaat dari berlari berlari dilakukan agar tubuh menjadi manfaat lari pagi bagi orang kurus manfaat olahraga lari pagi adalah manfaat lari adalah manfaat jogging bagi wanita manfaat dari lari berlari membuat badan menjadi manfaat lari naik turun tangga jogging termasuk latihan jam jogging yang baik olahraga lari dapat membuat otot kaki menjadi jogging termasuk olahraga manfaat lari zig zag adalah tuliskan tiga manfaat olahraga lari bagi tubuh kita bolehkah jogging setiap hari jogging dapat melatih manfaat lari siang pakai jaket yang termasuk manfaat dari jogging adalah jogging bisa menurunkan berat badan manfaat jogging untuk orang kurus manfaat dari berlari lari pagi bisa menurunkan berat badan manfaat lari pagi bagi orang gemuk manfaat lari siang pakai jaket sauna manfaat jogging di siang hari jelaskan manfaat jogging manfaat lari sore untuk tinggi badan manfaat jogging bagi tubuh olahraga lari dapat membuat jantung kita



Mengapa Lari dan Jogging Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia?

Lari dan jogging bisa membuat hidup lebih bahagia karena manfaat berlari mampu memenuhi tujuan dari bentuk rupa manusia.

Menurut beberapa penelitian, tubuh manusia diciptakan sebagaimana adanya (ada kepala, badan, tulang belakang, 2 tangan untuk keseimbangan, dan 2 kaki dengan sendi besar seperti lutut) adalah karena manusia memang makhluk yang harus sering bergerak.


Selain itu, 2 sistem utama tubuh yaitu sistem kardio (distribusi darah dari jantung) dan sistem metabolisme (pembakaran kalori menjadi energi), hanya akan mencapai kemampuan maksimalnya jika jantung sering aktif memompa darah ke seluruh tubuh dan otot aktif membakar oksigen, glukosa, dan kalori menjadi energi.

Artinya, untuk mencapai fungsi dari tubuh yang optimal, kita perlu untuk sering bergerak.


Maka wajar jika di zaman ini kita mendapatkan banyak penyakit baik dari segi fisik dan mental. Ini karena kita semakin jarang bergerak dan cenderung menggunakan alat transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Di banyak waktu yang kita habiskan saat ini, pasti tidak jauh dari posisi duduk atau berbaring. Ya kan?

Di rumah duduk atau rebahan, di sekolah duduk, di tempat kerja duduk.

Berlari dan joging bermanfaat membuat hidup lebih bahagia karena olahraga ini mengembalikan fungsi dan memperbaiki sistem pada tubuh, sehingga kualitas hidup kita menjadi jauh lebih baik.



Kesimpulan

Mood swing adalah perubahan mendadak pada perasaan dalam rentang waktu yang singkat. Mood swing menyebabkan perubahan emosi yang naik turun dan kadang tidak terkendali.

Berlari dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik, namun ternyata lari juga memiliki mafaat untuk kesehatan psikis atau mental kita.

Berlari dan joging bermanfaat membuat hidup lebih bahagia karena olahraga ini mengembalikan fungsi dan memperbaiki sistem pada tubuh, sehingga kualitas hidup kita menjadi jauh lebih baik.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Manfaat Lari Untuk Penderita Stress Dan Depresi Serta Efeknya Untuk Kehidupan | Manfaat lari untuk mengurangi stress, cemas, dan depresi.

4 Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Konsisten Olahraga Lari | Motivasi untuk berolahraga.


sumber

the truth behind runners high by hopkinsmedicine

7 Tips to Control our Mood Swings by exploringyourmind

bussinessinsider.com


Demikian pembahasan tentang manfaat berlari untuk mood kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee.

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Manfaat Berlari Untuk Mood Yang Lebih Baik dan Stabil"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan