Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Muka Merah Saat Olahraga Lari

Muka Merah





Efek Olahraga Lari Untuk Kulit

Meningkatkan sirkulasi darah dengan olahraga kardio seperti berlari, bisa memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit. Hal ini membantu memperbaiki kondisi kulit dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit tetap bersih dan kenyal.

Berlari juga menghasilkan keringat yang membersihkan pori-pori kulit dari minyak dan kotoran. Selain itu, peningkatan aliran darah membantu sel-sel kulit beregenerasi. Artinya berlari sebenarnya bisa menjadi metode anti-penuaan.

Sebaiknya, berlarilah pada level 40 sampai 60 persen dari detak jantung maksimum, 3-5 kali seminggu. Ini sudah cukup untuk meningkatkan kondisi kulit dari dalam tubuh.



Kenapa Muka Merah Saat Berlari?

Muka merah saat olahraga adalah hal yang umum terjadi. Kenapa pipi menjadi merah saat olahraga bisa dijelaskan secara saintifik dan sebenarnya tidak menunjukan adanya masalah serius.

Namun, jika muka memerah saat olahraga dan diikuti oleh suhu tubuh yang tidak menurun, pusing, sesak napas, dan rasanya mau pingsan, maka bisa jadi kamu mengalami heatstroke.

Jika ini yang kamu alami, sebaiknya berhenti dulu dari olahraga yang kamu lakukan dan cari tempat untuk beristirahat.



Apa Yang Menyebabkan Wajah Memerah?

Apa Penyebab Kemerahan di Wajah? Penyebab muka merah saat berolahraga bisa jadi karena beberap faktor. Untuk lebih paham tentang penyebab wajah merah, mari kita bahas satu per satu.


Pembuluh Kapiler di Wajah

Pada saat olahraga, tubuh membuang panas melalui keringat. Namun ternyata tidak cuma itu.  Saat kamu berlari, suhu tubuh akan meningkat dan membawa darah ke permukaan kulit, ini menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat dengan tujuan agar kulit menjadi dingin.

Selain membuang panas melalui keringat, pembuluh darah dan kapiler membesar ukurannya dan membuat pembuluh darah ini muncul nampak di kulit. 

Ini karena saking tingginya suhu tubuh, maka tubuh akan memperbesar ukuran pembuluh darah di seluruh area agar panas tubuh makin cepat keluar dari kulit.

Selain itu, pembuluh darah ini juga berisi oksigen ekstra untuk mendinginkan keseluruhan suhu tubuh. Ini pada akhirnya membuatmu mampu olahraga dengan intens tanpa membahayakan organ tubuh karena panas berlebih.


Kulit Yang Putih

Mekanisme tubuh memperbesar pembuluh darah di area wajah merupakan fenomena alami dan terutama lebih terlihat pada seseorang yang berkulit putih. 

Orang dengan kulit yang berwarna terang lebih rentan mengalami muka merah, karena kulit mereka sensitif terhadap tekanan baik dari dalam maupun dari luar. Selain itu, warna merah cenderung lebih jelas terlihat pada kulit yang terang.

Selama tidak dibarengi dengan gejala lain seperti napas sesak atau pusing, maka muka merah ini bisa dibilang merupakan fenomena normal pada tubuh.


Gejala Heatstroke

Sebagian besar kemerahan pada wajah saat berolahraga dapat dianggap normal; Namun, jika kamu berolahraga di tempat yang sangat panas, wajah merah bisa menjadi tanda awal kelelahan karena panas atau bahkan tanda kalau tubuhmu sudah overheat atau heatstroke.

Menurut Mayo Clinic, gejala lain dari kelelahan akibat panas dapat berupa keringat berlebihan, mual, dan pusing. Heatstroke terjadi ketika tubuh tidak bisa lagi membuang kelebihan panas. 

Heatstroke dapat mengancam jiwa dan memerlukan perhatian medis segera, karena bisa menyebabkan suhu tubuhmu meningkat melebihi 40 derajat celcius.

Meskipun kemerahan yang kamu alami selama berolahraga tidak dapat disembuhkan atau diperbaiki, kamu dapat mencoba  mengurangi kemerahan tersebut. Caranya adalah dengan berolahraga di lingkungan yang sejuk dan kenakan pakaian berwarna terang dan longgar.



heat stroke heatstroke cara mengatasi muka merah dan panas muka merah heat stroke adalah penyebab muka merah wajah merah penyebab muka merah saat terkena matahari cara menghilangkan muka merah akibat sinar matahari cara menghilangkan muka merah akibat sinar matahari dengan cepat muka merah kenapa penyebab wajah merah kulit wajah merah muka kemerahan penyebab kulit wajah merah



Bagaimana Cara Mengatasi Muka Merah Saat Olahraga?

Cara mengatasi muka yang memerah saat olahraga sebenarnya sederhana. 

Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan minum cukup air adalah kunci dalam mencegah heatstroke. Jika berlarilah di luar ruangan, berlarilah pada dini hari atau sore hari sehingga kamu tidak berlari di suhu udara yang terlalu panas.

Selain menjaga level hidrasi tubuh, kamu sebenarnya tidak perlu khawatir dengan muka merah ini. Biasanya kemerahan pada wajah akan menghilang 10-20 menit setelah selesai olahraga. Namun kamu bisa mencoba beberapa hal berikut untuk mengatasi muka merah saat lari.


Mandi Air Dingin

Mandi air dingin setelah olahraga yang membuat banyak keringat memang enak rasanya. 

Selain membantu mengurangi kemerahan pada kulit wajah, mandi air dingin juga mempercepat recovery dari otot yang sakit. Apalagi jika kamu memang baru saja lari dengan intensitas dan jarak yang cukup berat untuk fisikmu.

Ini karena air dingin mampu mengurangi pembengkakan otot sehingga rasa sakit serta pegal menjadi jauh berkurang. Jadi jangan takut untuk mandi air dingin setelah olahraga. 

Setelah mandi air dingin detak jantung biasanya akan menurun, dan ini pada akhirnya akan membuat muka merah yang kamu alami berangsur-angsur menghilang.


Memakai Sun Blok Atau Pelembab Sebelum Lari

Ada pelari yang mengalami kemerahan pada wajah akibat paparan sinar matahari alih-alih  karena suhu tubuh yang panas.

Jika ini yang kamu alami, kamu bisa memakai sunblok atau pelembab kulit sebelum lari agar warna merah pada kulit tidak terlalu terlihat jelas saat lari.

Sunblok atau pelembab kulit bisa mengurangi paparan sinar ultra violet yang sering langsung menyentuh kulitmu, dan menyebabkan muka merah saat lari.

Kamu bisa beli sunblok rekomendasi runnerscase di sini.


Jangan Lari Berlebihan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas lari berlebihan dapat memperburuk kesehatan kulit dengan menyebabkan lebih banyak kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat membuat kulit menua.

Menurut temuan penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Free Radical Biology and Medicine, olahraga superintens dapat menyebabkan efek yang merugikan pada kulit jika telah berolahraga mendekati detak jantung maksimum untuk waktu yang lama (ini tidak termasuk HIIT).

Olahraga secara teratur dan sering, ditambah dengan diet sehat yang sarat dengan sayuran hijau dan antioksidan, seharusnya cukup untuk melawan produksi radikal bebas yang berlebihan dari olahraga.



Apa Manfaat Keringat Saat Berolahraga?

Keringat sangat bermanfaat untuk membuang suhu panas tubuh saat berolahraga dan mendinginkan suhu kulit.

Ketika olahraga, tubuh akan meningkatkan suhu sebagai akibat dari sistem metabolisme yang bekerja membakar kalori menjadi energi. Proses pembakaran ini tentu saja akan menghasilkan suhu panas, yang bila mencapai level berlebihan, akan sangat berbahaya bagi organ tubuh.



Apakah Keringat Olahraga Harus Dilap?

Tergantung pada preferensi dari masing-masing orang. Tapi kebanyakan orang memilih untuk mengurangi jumlah keringat tubuh dengan dilap.



Apa Yang Terjadi Jika Keringat Tidak Dilap?

Membiarkan keringat kering tanpa dilap akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit. 

Ini karena keringat pada dasarnya adalah cairan dan racun yang dibuang dari tubuh. Karena itu, keringat sebaiknya segera dilap setelah selesai olahraga.

Selain itu, penelitian juga menunjukan bahwa keringat mengandung dermacidin, suatu antibiotik yang melawan bakteri penyebab infeksi kulit. Oleh karena itu, segeralah lap keringat setelah selesai lari agar bakteri tidak berkembang dan menimbulkan infeksi pada kulitmu.



Apakah Setelah Olahraga Harus Cuci Muka?

Ya harus. Sebab muka yang merah, berkeringat, dan lusuh setelah olahraga biasanya penuh dengan bakteri maupun juga minyak. 

Selain itu bila dibiarkan mengering sendiri, maka resiko terjadinya masalah seperti jerawat, bisul, dan penyakit kulit lainnya akan meningkat.



Kesimpulan

Kenapa Pipi Menjadi Merah? Muka merah tersebut sebenarnya adalah mekanisme tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh dengan memperbesar pembuluh darah di area wajah. Tubuh akan memperbesar ukuran pembuluh darah di seluruh area agar panas tubuh makin cepat keluar dari kulit.

Selain itu, biasanya kemerahan pada wajah akan menghilang 10-20 menit setelah selesai olahraga. Pastikan juga untuk mengelap keringat setelah olahraga lari. Kenapa setelah olahraga kita perlu cuci muka? Karena keringat berpotensi menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

 

sumber

Why does my skin turn red by pdskin

Why your face turns red while you exercise by getsunset

Sweating is great for your skin unless by baltimoresun

What happens on your skin on a run by allure



Artikel Lainnya Yang Setopik

Pengertian Anhidrosis adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu secara otomatis mendinginkan dirinya sendiri. | Anhidrosis.

Sakit kepala, pusing, dan mual setelah lari banyak penyebabnya. Berikut 5 penyebab dan cara mengatasi pusing dan mual setelah olahraga. | Sakit kepala pas lari.

Tersedak atau keselek saat olahtaga lari adalah hal yang umum terjadi. Berikut penyebab dan solusi tersedak dan keselek saat olahraga lari. | Keselek saat lari.

Kuku kaki hitam termasuk hal yang umum dialami oleh pelari. Pelajari apa saja solusi yang bisa dilakukan untuk masalah kuku kaki hitam berikut. | Kuku hitam karena lari.



Demikian pembahasan untuk muka merah saat olahraga kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case  untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Penyebab Muka Merah Saat Olahraga Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan