Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pertanyaan Seputar Olahraga Lari di Masa Pandemi Corona Virus

Berlari di Masa Pandemi Covid 19

olahraga di masa pandemi pentingnya olahraga di masa pandemi olahraga saat pandemi olahraga selama pandemi artikel tentang olahraga di masa pandemi pentingnya berolahraga di masa pandemi pertanyaan tentang olahraga di masa pandemi olahraga di tengah pandemi olahraga pandemi artikel olahraga di masa pandemi berolahraga di masa pandemi olahraga masa pandemi pentingnya olahraga saat pandemi aktivitas fisik selama pandemi aktivitas fisik di masa pandemi olahraga yang dapat dilakukan saat pandemi pentingnya aktivitas fisik di masa pandemi kegiatan olahraga di masa pandemi olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi olahraga pada masa pandemi ajakan berolahraga di masa pandemi olahraga yang bisa dilakukan di masa pandemi cara berolahraga di masa pandemi artikel pentingnya olahraga di masa pandemi olahraga yang dapat dilakukan di masa pandemi olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat pandemi, TIPS OLAHRAGA LARI DI MASA PANDEMI COVID 19






Kita semua sudah lupa rasanya bisa lari diluar rumah tanpa merasa khawatir dan bertanya-tanya "lari diluar aman ngga ya?"

Sebagai pelari, banyak diantara kita yang merasa was-was dan takut kalau mau lari diluar. Bahkan tidak sedikit orang yang berhenti lari sejak ada pandemi dari awal tahun lalu. Mungkin kamu juga termasuk?

Walaupun tidak 100% aman, berlari diluar masih memungkinkan untuk dilakukan. Namun apa saja sih yang harus kamu tahu sebelum lari di masa pandemi seperti ini? Berikut 5 pertanyaan umum yang sering ditanyakan pelari di tengah pandemi.



Apakah Aman Lari di Luar?

Secara umum Iya—dan berlari sendirian masih merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko terpapar covid.

Melakukan lari dengan pace sedang hingga cepat selama 30 hingga 60 menit dapat membantu sistem kekebalanmu mencegah virus.

Pastikan juga kamu tahu apa yang terjadi di daerah sekitar rumahmu. Apakah baru-baru ini ada korban covid disekitar tetanggamu? Berapa banyak kasus covid disekitar rumah dan rute lari yang akan kamu lalui?

Sebisa mungkin kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar kamu bisa menimbang apakah harus berlari di luar atau tidak.

Selain itu cari tahu juga apakah ada pembatasan atau karantina mandiri yang sedang berlangsung agar kamu bisa merencanakan rute mana yang akan kamu lewati untuk lari di masa pandemi seperti ini.



Haruskah Memakai Masker Saat Berlari?

Untuk berlari dimasa pandemi covid ini, kita butuh masker. Fungsi masker ada 2: Mencegah penyebaran dari yang sakit dan mencegah yang sehat ikut tertular. 

Masker hanya membantu mengurangi penyebaran jika digunakan dan dipakai dengan benar. Namun, masker tidak boleh dipakai dalam keadaan lembab dan basah karena ludah, keringat, atau lendir.

Masker mungkin tidak diperlukan jika kamu lari sendirian di tempat/rute yang tidak ramai. Namun, lebih baik bawa saja jika nanti kamu berhenti di toko untuk beli minum.

Tapi bukannya bahaya kalau ngga pakai masker pas lari?

Iya. Namun hanya jika kamu lari di jalanan yang ramai dan banyak berpapasan dengan pengguna jalan lain, misalnya saat lari pagi.

Jika kamu benar-benar kebelet pengen lari, sebaiknya lakukan lari trail di dekat hutan atau lari mengitari lapangan kosong disekitar rumah.

Lari di 2 tempat itu setidaknya lebih aman karena kemungkinan berpapasan dengan orang lain lebih kecil, dibanding jika kamu lari di jalan.



Bisakah Virus Corona Menyebar Melalui Keringat?

Lari saat pandemi covid 19 seperti sekarang, kita jadi suka was-was dengan segala bentuk cairan dari tubuh, termasuk keringat. Namun sejauh ini, belum ada bukti kalau Covid bisa menyebar melalui keringat.

Menurut peneliti, penularan virus corona terjadi antara orang-orang yang melakukan kontak dekat satu sama lain (setidaknya enam kaki) dan melalui droplet pernapasan, yang dihasilkan melalui batuk atau bersin — bukan keringat.

Akan tetapi, seseorang bisa saja menjadi OTG (Orang Tanpa Gejala) dan kemungkinan berpotensi menulari dari 48 hingga 72 jam sebelum timbulnya gejala. Gejala tersebut dapat berkembang antara 3 - 14 hari setelah terpapar.

Ini berarti kamu dan orang lain dapat saling menularkan virus  tanpa mengetahuinya.

Inilah kenapa sangat penting menjaga jarak dengan orang lain saat kamu lari diluar. Kamu tidak pernah tahu siapa yang akan berpapasan dengan kamu di jalan.

Oleh karena itu, selalu cari waktu dan tempat yang minim interaksi dengan orang lain saat akan lari diluar, biar kamu selalu merasa aman untuk lari di masa corona virus seperti sekarang.



Apakah Sistem Imun Bisa Melemah Setelah Lari Intens?

Ya bisa. Ada hubungan yang sangat kuat antara olahraga ringan yang teratur dengan sistem kekebalan yang kuat.

Sementara itu, diketahui lari dengan pace tinggi dan jarak yang jauh bisa menjadi penyebab seseorang jatuh sakit. Apalagi jika kamu pemula dan melakukannya secara sembarangan tanpa training plan yang jelas.

Pelari harus menghindari lari yang lama dan intens di saat pandemi seperti ini, sampai ada keberhasilan penurunan jumlah kasus.

Jangan merasa kalau intensitas larimu perlu kamu push terus-terusan di masa pandemi ini.

Kamu sebaiknya lebih khawatir tentang kesehatan daripada berapa jumlah total km yang bisa kamu tempuh saat lari.

Kalau anak jaman sekarang bilang "larinya tipis-tipis aja". Lari 5k 1-2x per minggu dengan pace 6-8 ditambah cross training seharusnya sudah cukup menjaga sistem imun.

Larinya tipis-tipis saja, yang penting teratur dan konsisten. Bahkan kalau perlu, kamu bisa mencoba untuk membuat jadwal larimu sendiri. Sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari rutinitasmu berlari di masa pandemi seperti sekarang.



Berapa Lama Virus Covid Bisa Bertahan di Pakaian?

Para ahli belum mengetahui risiko penularan virus dari permukaan seperti pakaian. Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa virus corona dapat tetap berada di permukaan selama beberapa jam hingga beberapa hari. Karena itu, kamu harus selalu waspada saat lari di masa covid 19 seperti sekarang.

Jika kamu menduga pakaianmu terkena droplet atau ludah saat berlari, hindari menyentuh area tersebut, ganti pakaian se-segera mungkin, lalu cuci tangan setelahnya. Untuk mendisinfeksi pakaian, cuci dengan air panas dan keringkan dibawah matahari.

Bahkan walaupun kamu sudah menjaga jarak dengan orang lain dan yakin tidak berpapasan dengan siapapun saat lari tadi, akan lebih aman untuk segera mencuci pakaian larimu dan mandi.


olahraga di masa pandemi pentingnya olahraga di masa pandemi olahraga saat pandemi olahraga selama pandemi artikel tentang olahraga di masa pandemi pentingnya berolahraga di masa pandemi pertanyaan tentang olahraga di masa pandemi olahraga di tengah pandemi olahraga pandemi artikel olahraga di masa pandemi berolahraga di masa pandemi olahraga masa pandemi pentingnya olahraga saat pandemi aktivitas fisik selama pandemi aktivitas fisik di masa pandemi olahraga yang dapat dilakukan saat pandemi pentingnya aktivitas fisik di masa pandemi kegiatan olahraga di masa pandemi olahraga yang bisa dilakukan saat pandemi olahraga pada masa pandemi ajakan berolahraga di masa pandemi olahraga yang bisa dilakukan di masa pandemi cara berolahraga di masa pandemi artikel pentingnya olahraga di masa pandemi olahraga yang dapat dilakukan di masa pandemi olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat pandemi



sumber

Running during corona virus by runnersworld 

Support your marathon training with this home workout for runners by coachmag




Artikel Lainnya Yang Setopik

Kembali Berolahraga Lari Sebagai Penyintas Virus Corona | Setelah Kena Covid 19 | Tips kembali berolahraga untuk orang yang pernah kena virus corona covid 19.

Tips Kembali Olahraga Lari Setelah Mendapatkan Vaksin Covid 19 | Tips kembali olahraga setelah divaksin covid 19.



Demikian pembahasan untuk olahraga di masa pandemi kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "5 Pertanyaan Seputar Olahraga Lari di Masa Pandemi Corona Virus"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan