Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Beda Tabata dan HIIT

Beda Tabata Dan HIIT








Beda tabata dan HIIT (high intensity interval training) banyak ditanyakan pelari. Apakah keduanya merupakan latihan yang sama? 


 

Apa Itu Latihan HIIT?

High intensity interval training adalah tipe latihan fisik yang berdurasi singkat, namun berintensitas tinggi.

Karena durasi dan intensitasnya itu, latihan HIIT sangat populer untuk membakar kalori dan melatih kekuatan otot dengan efektif. Apalagi untuk kita-kita yang lari karena ingin menurunkan berat badan.



Olahraga HIIT Itu Seperti Apa?

HIIT adalah sebutan untuk berbagai macam latihan berintensitas tinggi, berdurasi pendek, dan diikuti oleh jeda istirahat yang singkat.

HIIT training bisa berbentuk latihan atau olahraga apapun, selama syarat di atas terpenuhi. Latihan dan olahraga ini bisa berbentuk olahraga kardio seperti lari atau berbentuk latihan otot.



Apa Beda HIIT Dengan Tabata? | Tabata Termasuk Olahraga Apa?

Mempertanyakan hal ini sebenarnya agak salah. Ini karena HIIT adalah induk dari Tabata. 

Apakah tabata termasuk HIIT? Ya tabata termasuk latihan HIIT sama seperti fartlek, interval, stride, dll.

Semua latihan di atas adalah bagian dari HIIT. Semua latihan di atas dilakukan dengan intensitas tinggi, durasi pendek, dan dikombinasikan dengan istirahat pendek.

Ide dasar dari latihan HIIT adalah untuk mendorong batas kemampuan tubuh kita dengan durasi sesingkat mungkin, dan dengan intensitas setinggi mungkin.



Manfaat Tabata

Semua olahraga kardio memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ini termasuk pula tabata itu tadi.

Berikut beberapa manfaat yang perlu kita tahu sebelum mencoba lari ini.


Latihan kardio yang efektif

Tabata efektif untuk orang sibuk dan tidak punya waktu untuk lari dengan durasi yang lama. Kebanyakan lari ini hanya butuh 30 menit dan itu sudah termasuk pemanasan dan pendinginan setelah lari.


Meningkatkan VO2 max

Lari ini berguna meningkatkan level penyerapan oksigen oleh tubuh alias VO2 max. Semakin baik level ini, semakin baik pula kita berlari walaupun sudah kelelahan.


Bagus untuk bakar lemak

Seperti lari berintensitas tinggi lainnya, tabata bagus untuk membakar kalori berlebih. Hasil dari pembakaran lemak ini biasanya bisa terlihat setelah rutin lari tabata secara rutin selama 10 minggu.



Efek Samping Tabata

Lari tabata sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena bisa menimbulkan efek samping. Efek samping yang biasa terjadi antaranya adalah tubuh menjadi riskan cedera dan overtraining.

Kebanyakan lari HIIT termasuk juga tabata ini, memang dianjurkan hanya dilakukan 1x seminggu. Jika kamu ingin membangun stamina secara keseluruhan, yang perlu diperbanyak justru lari santai dan diikuti oleh latihan otot serta istirahat yang rutin.



Berapa Kalori Terbakar Saat Tabata?

Kalori yang terbakar saat tabata bisa saja bervariasi tergantung intensitas dan kondisi fisik. Penelitian menunjukan bahwa lari tabata 1 menit mampu membakar lemak sebanyak 15 kkal.

Memang tidak terlihat banyak, namun jumlah ini bisa meningkat sampai 360kkal karena sebuah kondisi bernama afterburn effect. Kondisi ini membuat tubuh tetap membakar kalori jauh setelah lari tabata selesai dilakukan.



Seberapa Sering Saya Harus Tabata Run?

Kamu bisa melakukan latihan tabata sebanyak 1x setiap 1-2 minggu. Walaupun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari latihan ini, akan sangat bijak untuk tidak melakukan latihan ini setiap hari.

Begitu juga untuk lari HIIT lainnya seperti fartlek atau interval, sebaiknya cukup dilakukan 1x dalam seminggu. Sedangkan di hari lain kita bisa long run, slow run, atau latihan otot.



Kesimpulan

Lari tabata merupakan bagian dari HIIT training. Jadi tidak ada bedanya antara HIIT dan tabata karena keduanya saling berhubungan.

HIIT training merupakan olahraga berintensitas tinggi, dengan durasi singkat, dan diselingi dengan istirahat pendek.

Lari yang intens seperti tabata disarankan hanya dilakukan 1x seminggu agar tubuh tidak overtraining dan memicu terjadinya cedera.


sumber

tabata vs hiit by 8fit 

calories burned tabata by popsugar



Artikel Lainnya Yang Setopik

Cara Latihan Tabata Untuk Pelari | Tabata adalah salah satu bentuk latihan intensitas tinggi & dilakukan dengan durasi yang singkat. | Cara latihan tabata.

Pengertian Lari Interval Yang Efektif Membakar Lemak (HIIT) | Lari interval.



Demikian pembahasan untuk beda tabata dengan HIIT kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Ini Dia Beda Tabata dan HIIT"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan