Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemberat Kaki Untuk Lari: Manfaat, Risiko, & Cara Menggunakannya

Pemberat Kaki

Pemberat kaki







Pemberat kaki adalah alat tambahan dalam latihan lari yang digunakan untuk melatih otot kaki dengan beban ekstra. Apa sih manfaat dan risiko penggunaan dari penambahan beban seperti ini? Mari kita ulas semua.



Alat Pemberat Kaki

Pemberat kaki merupakan alat yang dapat dipasang pada berbagai bagian tubuh, utamanya dipasang di pergelangan kaki. Pemberat ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani tubuh. 

Biasanya, pemberat ini tersedia dalam berbagai bobot dan bisa dilepas pasang dengan mudah.

Bentuknya yang berbeda dengan pemberat konvensional seperti barbel dan dumbell, membuat alat pemberat seperti ini bisa dibawa bergerak dengan lebih baik.


Apakah alat pemberat kaki membantu kecepatan lari?

Meskipun pemberat kaki dapat meningkatkan kekuatan otot kaki, tapi kecepatan lari sebenarnya dibentuk dengan berbagai macam faktor seperti stamina, kekuatan otot, stride, dan cadence.

Jadi, latihan dengan alat ini tidak serta merta menjadi satu-satunya faktor yang meningkatkan kecepatan. Oleh karena itu, kita perlu berbagai macam latihan yang konsisten sehingga pace (kecepatan lari) bisa menjadi lebih cepat. 


Apakah pemberat kaki akan membantu bentuk paha?

Pemberat untuk kaki bisa memperkuat dan membentuk otot paha, namun penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari cedera jika dipakai berlebihan. 

Selain menggunakan alat ini, kita juga sebaiknya latihan otot seperti squat, lunges, dan plank agar kekuatan dan bentuk otot paha bisa meningkat.



Fungsi Pemberat Kaki

Apa gunanya pemberat kaki? Pemberat kaki berfungsi sebagai alat untuk melatih otot ketika kita sedang melakukan aktivitas lain, bahkan ketika kita sebenarnya sedang olahraga juga. 

Misalnya saat lari, pemberat untuk kaki dapat kita pakai sehingga meningkatkan resistensi terhadap gerakan lari.

Resistensi ini mengaktifkan lebih banyak otot dan membakar lebih banyak kalori. Semua ini pada akhirnya membuat otot-otot di tubuh lebih kuat dan kalori lebih banyak terbakar.



Manfaat Pemberat Kaki Untuk Lari

Manfaat menggunakan pemberat kaki saat lari ada beberapa hal. Walaupun kelihatannya tidak biasa dan bahkan menyusahkan, menggunakan alat seperti ini akan membantu beberapa hal berikut.


Menambah latihan untuk otot

Pemberat yang dipasang di kaki saat berlari memberikan latihan tambahan pada otot kaki karena aktivasi otot meningkat. Sehingga, perkembangan kekuatan otot menjadi lebih baik.


Otot lebih terlatih walau sedang jalan/slow run

Pemberat di kaki akan meningkatkan level kardiovaskular, denyut jantung, dan daya tahan tubuh. Walaupun lari yang kita lakukan adalah lari santai atau bahkan hanya jalan kaki.


Latihan otot kaki menjadi lebih mudah

Karena sifatnya yang bisa dipakai di kaki atau lengan, pemberat seperti ini memiliki fleksibilitas dan mudah digunakan saat berlari. Ini membuat kita bisa melatih kardio (dengan lari) dan juga melatih otot kaki (dengan pemberat kaki) secara bersamaan.


Meningkatkan kekuatan otot

Untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot, kita perlu membuat otot kelelahan. Prinsipnya sama seperti kalau kita latihan dengan barbel atau bench press, dimana otot dipaksa untuk menegang karena menarik atau mengangkat beban yang berat.


Lari tanpa pemberat akan terasa lebih mudah

Alat ini akan menguatkan otot-ototmu saat lari. Artinya, ketika nanti kamu berlari tanpa menggunakan beban, kamu akan merasakan perbedaan signifikan karena sesi larimu akan terasa lebih mudah. Dibanding saat kamu berlari dengan alat ini.




Bahaya Pemberat Kaki

Selain manfaat, ada juga resiko dan bahaya ketika menggunakan alat ini. Beberapa resiko tersebut antara lain adalah sebagai berikut.


Sakit - kaku di sendi dan otot

Ketika dipakai secara berlebihan, alat pemberat ini dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada sendi dan otot. Tekanan ini pada akhirnya meningkatkan risiko terjadinya tegang, keseleo, dan pada kondisi yang ekstrim menyebabkan cedera.


Gerakan tidak seimbang

Jika dipakai secara terus menerus, alat ini bisa saja mengubah gerakan alami tubuhmu saat berlari. Nah, ketika gerakan tubuh tidak natural, biasanya terjadi ketidakseimbangan pada postur tubuh sehingga teknik larimu menjadi tidak benar.


Jantung bekerja lebih keras

Karena tubuh dipaksa meningkatkan kekuatan otot dan kondisi kardiovaskular, jantung kita sudah pasti harus bekerja lebih keras. Jika kamu merupakan pelari yang gampang naik heart rate (detak jantungnya), maka sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan pemberat kaki saat berlari.




Cara Menggunakan Pemberat Kaki

Ada beberapa aturan dasar untuk menggunakan alat pemberat ini. Berikut beberapa aturan dasarnya.


Perbanyak jalan kaki dengan alatnya

Sebelum mulai menggunakan pemberat ini saat berlari, sebaiknya biasakan dulu diri kita untuk jalan kaki dengan menggunakan alat ini. Sehingga, otot-otot kaki menjadi terbiasa dengan beban yang ada dan ketika dipakai untuk laripun, tubuhmu tidak kagok dengan alat ini.


Mulai dengan beban yang ringan

Jika kamu tertarik untuk menggunakan alat ini, sebaiknya mulai dengan menggunakan beban yang ringan terlebih dulu. Nantinya, ketika kekuatan ototmu sudah meningkat, barulah naikkan berat bebannya secara bertahap.


Jangan terus-terusan dipakai

Pemberat untuk kaki sebaiknya hanya digunakan secara terbatas. Jika kamu memakai alat ini setiap kali kamu lari, maka otot dan tubuh tentu saja akan terbebani.


Tidak perlu dipakai jika kamu pemula

Pelari pemula biasanya memiliki kondisi fisik yang tidak terlalu bugar. Artinya fisik mereka sebenarnya belum siap untuk lari dengan intens, apalagi jika ditambah dengan beban lain saat lari. Jika kamu pelari pemula, sebaiknya tidak perlu menggunakan alat ini.


Utamakan keamanan dan kenyamanan

Lari pada dasarnya adalah olahraga yang menguras fisik. Jika kamu menambahkan beban pada kaki saat lari, pastikan saat dan setelah lari dengan alat ini, fisikmu terasa baik-baik saja. Kalau setelah menggunakan alat ini, muncul gejala cedera dan rasa sakit di kaki, sebaiknya istirahat dan jangan gunakan alat ini dulu.


Gunakan saat latihan otot kaki

Sebagai pelari, sebaiknya kamu juga rutin latihan otot kaki dengan squat, lunges, burpee, plank, dll. Coba gunakan pemberat kaki saat kamu latihan dengan gerakan-gerakan tersebut untuk meningkatkan keefektifan latihan ototmu.




Frekuensi dan Intensitas Lari Dengan Pemberat Kaki

Untuk bisa menggunakan pemberat kaki dengan aman, kita setidaknya harus rutin latihan otot kaki dengan plank, squat, lunges, dll. 

Lakukan latihan otot ini setidaknya, dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan durasi latihan sekitar 30 menit per sesi. 

Selain itu, setelah setiap lari dengan alat ini, sebaiknya berikan waktu istirahat minimal 24 hingga 48 jam bagi otot kaki untuk pulih sepenuhnya.

Hal ini akan membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki secara efektif.





Harga Pemberat Kaki

Jika kamu tertarik untuk memiliki alat ini, berikut beberapa alat pemberat kaki untuk olahraga lari yang bisa kamu dapatkan sekarang.


Pemberat kaki 0,5kg



HAPPYFIT Weight Bangle Premium dengan berat 0,5 KG. Pemberat ini dirancang untuk digunakan pada kaki dan tangan saat berolahraga. 

Harga pemberat kaki 0.5kg

Harganya sekitar 178 ribu dan dapat kamu beli di link Shopee berikut.






Pemberat kaki 1kg



Frasser menawarkan set Pemberat Kaki 1kg yang terdiri dari dua buah dengan bobot 1kg per buah, sehingga total bobotnya adalah 2kg. 

Harga pemberat kaki 1kg

Pemberat ini terbuat dari bahan sintetis. Harganya sekitar 33 ribu dan dapat dibeli di link Shopee berikut.






Pemberat kaki 1,5kg



Svarga Adjustable Wrist & Ankle Weight menawarkan gelang pemberat kaki yang dapat disesuaikan dengan bobot 1,5kg. Gelang ini dapat digunakan pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki. 

Harga pemberat kaki 1,5kg

Harganya sekitar 499 ribu dan dapat kamu beli di link Shopee berikut.






Kesimpulan

Secara keseluruhan, pemberat untuk kaki dapat  meningkatkan hasil latihan dengan meningkatkan aktivasi otot dan tekanan kardiovaskular. 

Seorang pelari bisa menggunakan alat ini. Namun, penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan tegangan pada sendi dan otot, gerakan yang tidak seimbang, serta rentang gerak yang terbatas. 

Oleh karena itu, penting untuk menghindari cedera ketika menggunakan alat ini.



sumber : wearable weights by healthnews




Artikel Lainnya Yang Setopik

Rahasia Membentuk Perut Six-pack Dengan Berlari, Latihan Kekuatan, dan Diet Plan | Banyak yang bertanya apakah berlari bisa membentuk Abs berotot dan six pack. Jawabannya ada di artikel untuk pelari indonesia ini. | Sixpack dengan lari.

Bisakah Olahraga Lari Membentuk Jaringan Otot Perut, Lengan, dan Dada Pada Tubuh? | Jaringan otot bisa dibentuk dengan  latihan lari serta angkat beban yang intens & rutin dilakukan sehingga jaringan otot dan massa otot meningkat. | Latihan jaringan otot.

5 Cara Latihan Kekuatan Otot Untuk Olahraga Lari | Latihan kekuatan otot untuk lari bermanfaat meningkatkan performa lari. Berikut yang harus diketahui pelari saat latihan kekuatan otot. | Latihan kekuatan otot.

Kenapa Membentuk Otot Penting Untuk Pelari? | Kenapa pelari butuh otot yang kuat untuk lari? Berikut jawaban kenapa pelari butuh otot yang kuat untuk lari. | Otot untuk pelari.

Manfaat Gerakan Plank Untuk Pelari | Manfaat plank untuk meningkatkan kekuatan otot ada banyak sekali. Berikut beberapa hal yang bisa kamu dapatkan jika rutin latihan gerakan plank. | Manfaat plank.

19 Manfaat Gerakan Squat Untuk Pelari | 19 manfaat gerakan squat untuk pelari ada berbagai macam. Berikut apa saja manfaat gerakan squat untuk melatih fisik pelari. | Manfaat squat.

Contoh, Fungsi, dan Cara Latihannya | Strength training ada banyak contoh dan cara latihannya. Berikut yang pelari harus tahu tentang contoh latihan strength training. | Strength training.

Cara Latihan Otot Kaki Untuk Mencegah Cedera | Latihan otot kaki penting dilakukan sebagai seorang pelari. Berikut apa saja hal yang perlu kamu tahu tentang pentingnya latihan otot kaki. | Latihan otot kaki.

Cara Membentuk Otot Perut Untuk Pelari | Latihan otot perut merupakan hal yang penting untuk seorang pelari. Kenapa? Berikut alasan dan cara latihan otot perut untuk pelari. | Latihan otot kaki.



Demikian pembahasan untuk pemberat kaki kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Pemberat Kaki Untuk Lari: Manfaat, Risiko, & Cara Menggunakannya"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan