Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Minum Kopi Sebelum Mulai Olahraga Lari

Minum Kopi Sebelum Olahraga

minum kopi sebelum olahraga kebanyakan minum kopi pusing setelah minum kopi minum kopi di pagi hari aturan minum kopi bagi wanita terlalu banyak minum kopi kebanyakan minum kopi menyebabkan kopi di pagi hari keseringan minum kopi minum kopi pagi hari minum kopi tanpa gula ngopi di pagi hari aturan pakai kopi jantan minum kopi setiap hari kopi instan yang dilarang kopi campur paramex kopi campur teh kopi bisa menurunkan berat badan kopi campur durian bolehkah minum kopi setiap hari penyebab minum kopi durian campur kopi manfaat minum kopi sebelum olahraga minum kopi setelah olahraga kebanyakan kafein teh campur kopi kopi sebelum olahraga aturan minum kopi manfaat kopi sebelum olahraga konsumsi kafein berlebihan minum kopi di pagi hari sebelum sarapan karena kopi terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan jam minum kopi minum kopi pahit penyebab kebanyakan minum kopi kopi menurut islam minum kopi hitam kopi campur lemon bisa menurunkan berat badan pap minum kopi kopi setiap hari wanita minum kopi ukuran minum starbucks aturan minum econaxx coffee minum kopi sebelum lari minum kopi tiap hari kelebihan minum kopi berdebar setelah minum kopi minum kopi dan semangka minum kopi saat demam bolehkah kopi dicampur madu minum kopi pagi hari sebelum sarapan terlalu banyak minum kopi menyebabkan minum kopi berlebihan minum kopi hitam setiap hari konsumsi kopi setiap hari kopi pahit untuk kesehatan manfaat kopi untuk olahraga konsumsi kafein aturan minum kopi instan menyeruput kopi kopi dipagi hari minum kopi campur madu kembung setelah minum kopi minum kopi bisa menurunkan berat badan pusing karena minum kopi pagi pagi minum kopi anjing minum kopi minum kopi hitam tanpa gula minuman yang mengandung kafein selain kopi kopi bagi kesehatan minum kopi jadi pusing anjuran minum kopi konsumsi kopi per hari kopi baik untuk kesehatan kopi agar tidak ngantuk minimal minum kopi dalam sehari minum kopi yang baik dan benar konsumsi kopi bolehkah minum kopi setelah melahirkan semangka campur kopi kopi dapat menurunkan berat badan sehari kopi minum kopi setelah minum soda minum kopi menyebabkan kandungan yang terdapat pada minuman kopi adalah minum kopi untuk kurus pagi ngopi minum kopi saat flu minum ampas kopi minum kopi dalam pantang kopi tidak baik untuk kesehatan menetralisir kafein sprite campur kopi minum kopi pahit di pagi hari penyebab terlalu banyak minum kopi kopi dan ginjal minum kafein yakult campur kopi terlalu banyak kopi







Kafein dikenal sebagai suplemen tambahan sebelum berolahraga. 

Faktanya 3 dari 4 atlet olimpiade biasa mengkonsumsi kopi untuk menunjang performa mereka. 

Terutama atlet yang memang membutuhkan endurance di dalam olahraga mereka.

Pada artikel ini, mari kita buka apa saja manfaat dan juga efek samping yang mungkin terjadi jika kita minum kopi sebelum olahraga.



Plus Minus Minum Kopi Sebelum Olahraga Lari

Kopi dikenal luas bisa membantu tubuh bekerja dengan lebih baik, mengurangi rasa lelah, dan efek bermanfaat lainnya.

Namun, kopi juga memiliki efek negatif jika dikonsumsi berlebihan.

Apa saja plus minus dari mengkonsumsi kopi sebelum olahraga? Berikut ulasannya.



Efek Plus Minum Kopi Sebelum Olahraga Lari

Kopi bekerja dengan mengaktifkan otak sehingga membantu refleks tubuh dan memperlambat rasa lelah.

Kopi menstimulate pusat syaraf agar seorang pelari bisa mendapat energi, mengurangi rasa lelah, menekan rasa sakit, dan mempercepat recovery.

British Journal of Sports Science menyebutkan kalau kopi bisa jadi performance booster. 

Penelitian mereka menunjukan bahwa seseorang yang minum kopi sebelum lari 1,5 km bisa finish 4,2 detik lebih cepat dibanding pelari yang tidak minum kopi sebelum lari.

Diketahui juga kopi bisa meningkatkan performa dan stamina dengan memperlancar sirkulasi darah sampai 30%. 

Jika sirkulasi darah baik, maka kandungan oksigen dalam darah juga akan membaik. 

Ini penting sekali untuk orang yang berolahraga, karena otot sangat membutuhkan pasokan oksigen dari darah agar mampu memproduksi energi saat lari (aerobik). 

Semakin baik kandungan oksigen dalam darah, maka akan semakin baik performa lari dan stamina lari.

Kopi juga dikenal mampu menekan sinyal rasa lelah dari tubuh ke otak. Ini membuat kamu bisa mempertahankan pace lari yang intens lebih lama. 

Selain itu, Universitas Illinois mengungkapkan pelari yang minum 2 cangkir kecil kopi sebelum workout 30 menit, mengalami lebih sedikit rasa sakit dan pegal setelah workout.

Diketahui kafein bisa menghambat adenosis, sampah hasil penguraian makanan menjadi energi yang dilakukan tubuh saat sedang olahraga. 

Adenosis yang dihasilkan tubuh itu bisa memicu kelelahan fisik maupun mental.


Efek Minus Minum Kopi Sebelum Olahraga Lari

Namun, kopi juga punya efek yang tidak bagus untuk pelari. Pertama kopi itu sifatnya sedikit diuretik, alias memicu produksi urin alias air kencing.

Selain itu buat beberapa orang, kopi bisa bersifat laxative alias memicu sistem pencernaan jadi lebih aktif. Ini bisa membuatmu kebelet saat lari.

Memang kopi bermanfaat untuk booster performa lari, namun minum terlalu banyak kopi bisa malah membuat lebih banyak masalah saat lari.

Oleh karena itu, minum 1 cangkir kecil kopi 30 menit sampai 1 jam sebelum lari, adalah dosis yang paling optimal agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari kopi untuk meningkatkan performa larimu.



Apa Efek Minum Kopi Setiap Hari?

Minum kopi setiap hari memiliki efek menunda rasa lelah saat berolahraga dan beraktivitas. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 15 atlet lari dan 15 pelari biasa menunjukan peningkatan waktu finish sebanyak 1 persen ketika mereka diberikan kafein sebelum lari.

Kenapa mereka bisa mengalami peningkatan performa? Jawabannya adalah karena kafein mampu menahan sebuah molekul bernama adenosine. 

Molekul adenosine ini adalah senyawa yang bertugas melambatkan kinerja otak sebelum kita tidur saat malam.

Molekul ini yang menentukan apakah tubuh kita sudah kelelahan atau belum.

Dengan mengkonsumsi kafein, molekul ini tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya sehingga tubuh dan otak tidak melambat.

Inilah kenapa orang yang mengkonsumsi kopi berkafein cenderung lebih segar dan tidak gampang lelah/mengantuk.

Efek minum kopi juga membuat pikiran lebih waspada, mood menjadi lebih baik, lebih bersemangat, serta meningkatkan penggunaan lemak saat tubuh sedang berolahraga.

Kalau kamu lari karena ingin menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan ideal, kamu bisa mencoba minum kopi sebelum berolahraga.



Berapa Lama Minum Kopi Sebelum Olahraga?

Berapa sih jeda waktu terbaik untuk minum kopi sebelum olahraga lari? 

Sebenarnya tidak ada waktu terbaik kapan kita harus minum kopi dan memberikan jeda sebelum mulai berolahraga.

Kita bisa saja minum kopi 1 jam sebelum lari, dan manfaat dari minum kopi itu masih bisa kita rasakan saat lari.

Faktanya, efek dari kopi yang kita minum masih akan terasa efeknya selama 3-5 jam setelah ngopi. Jadi ya kita tidak perlu terburu-buru langsung lari setelah minum kopi.

Santai saja ngopinya, runners!

Namun, coba temukan bagaimana cara ngopi yang paling bagus untuk meningkatkan performa larimu.

Misalnya, minggu ini kamu minum kopi 1 cangkir kecil 30 menit sebelum lari. Kemudian lihat bagaimana efeknya untuk tubuhmu saat lari.

Apakah tubuh jadi lebih enak dibawa lari? Bagaimana dengan staminamu? Apakah jadi makin kuat untuk lari? Kemudian apakah kamu jadi kebelet kencing atau perut malah mules?

Coba berbagai macam variasi ngopi, mungkin jumlah cangkir kopinya yang kamu tambah, mungkin jeda waktunya yang kamu kurangi, atau apapun itu.

Coba terus sampai kamu menemukan jumlah kopi dan jeda waktu yang terbaik untuk membantu performa larimu.

Efek minum kopi sebelum lari bisa saja berbeda-beda untuk setiap orang. Karena itu, sangat penting untuk menemukan cara yang paling baik efeknya untuk diri kita sendiri.



Apakah Setelah Olahraga Boleh Minum Kopi?

Kita bisa minum kopi setelah olahraga, terutama jika kita baru saja lari pagi.

Ada sebuah penelitian kecil yang melibatkan pesepeda dan atlet thriathlon dimana mereka diberikan kafein dan sejumlah karbohidrat. 

Hasil dari penelitian itu menunjukan bahwa proses recovery otot berjalan lebih baik pada mereka yang minum kopi dan makan sedikit karbohidrat setelah lari.

Selain itu, minum kopi setelah lari bisa mengurangi rasa capek setelah lari. Apalagi pada mereka yang selesai lari pagi, dan harus berangkat kerja dan beraktivitas sepanjang hari.



Kopi Yang Baik Sebelum Olahraga

Jadi, kopi seperti apa yang sebaiknya kita minum sebelum olahraga?

Sebisa mungkin pastikan kopi tersebut tidak dicampur susu. Kita sebaiknya minum kopi tanpa ada tambahan apapun pada kopinya.

Ini karena bagi sebagian orang, kopi susu bisa saja mengandung laktosa dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut seperti kembung, begah, dan bahkan mules.

Selain itu, jumlah kalori pada kopi yang tidak ditambahkan bahan apapun akan jadi jauh lebih sedikit, dibandingkan kopi yang ditambahkan susu, gula, atau krim.



Apakah Baik Minum Kopi Tanpa Gula?

Kopi yang paling baik untuk diminum sebelum olahraga adalah kopi yang tidak ditambahkan bahan apapun.

Faktanya, kandungan dari kopi yang kita minum akan sangat berpengaruh pada performa lari dan juga usaha kita untuk menjaga berat badan ideal

Kopi tanpa tambahan apapun, jumlah kalorinya hampir tidak ada. Kopi hitam biasa hanya mengandung kafein, sodium, dan juga potassium.

Namun, ketika ditambahkan bahan lain seperti gula, krim, atau susu jumlah kalorinya akan meningkat mencapai 20-100 kalori.

Minum kopi sebelum olahraga di satu sisi punya manfaat yang baik, namun di sisi lainnya bisa saja memberikan efek yang tidak terlalu bagus.



minum kopi sebelum olahraga kebanyakan minum kopi pusing setelah minum kopi minum kopi di pagi hari aturan minum kopi bagi wanita terlalu banyak minum kopi kebanyakan minum kopi menyebabkan kopi di pagi hari keseringan minum kopi minum kopi pagi hari minum kopi tanpa gula ngopi di pagi hari aturan pakai kopi jantan minum kopi setiap hari kopi instan yang dilarang kopi campur paramex kopi campur teh kopi bisa menurunkan berat badan kopi campur durian bolehkah minum kopi setiap hari penyebab minum kopi durian campur kopi manfaat minum kopi sebelum olahraga minum kopi setelah olahraga kebanyakan kafein teh campur kopi kopi sebelum olahraga aturan minum kopi manfaat kopi sebelum olahraga konsumsi kafein berlebihan minum kopi di pagi hari sebelum sarapan karena kopi terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan jam minum kopi minum kopi pahit penyebab kebanyakan minum kopi kopi menurut islam minum kopi hitam kopi campur lemon bisa menurunkan berat badan pap minum kopi kopi setiap hari wanita minum kopi ukuran minum starbucks aturan minum econaxx coffee minum kopi sebelum lari minum kopi tiap hari kelebihan minum kopi berdebar setelah minum kopi minum kopi dan semangka minum kopi saat demam bolehkah kopi dicampur madu minum kopi pagi hari sebelum sarapan terlalu banyak minum kopi menyebabkan minum kopi berlebihan minum kopi hitam setiap hari konsumsi kopi setiap hari kopi pahit untuk kesehatan manfaat kopi untuk olahraga konsumsi kafein aturan minum kopi instan menyeruput kopi kopi dipagi hari minum kopi campur madu kembung setelah minum kopi minum kopi bisa menurunkan berat badan pusing karena minum kopi pagi pagi minum kopi anjing minum kopi minum kopi hitam tanpa gula minuman yang mengandung kafein selain kopi kopi bagi kesehatan minum kopi jadi pusing anjuran minum kopi konsumsi kopi per hari kopi baik untuk kesehatan kopi agar tidak ngantuk minimal minum kopi dalam sehari minum kopi yang baik dan benar konsumsi kopi bolehkah minum kopi setelah melahirkan semangka campur kopi kopi dapat menurunkan berat badan sehari kopi minum kopi setelah minum soda minum kopi menyebabkan kandungan yang terdapat pada minuman kopi adalah minum kopi untuk kurus pagi ngopi minum kopi saat flu minum ampas kopi minum kopi dalam pantang kopi tidak baik untuk kesehatan menetralisir kafein sprite campur kopi minum kopi pahit di pagi hari penyebab terlalu banyak minum kopi kopi dan ginjal minum kafein yakult campur kopi terlalu banyak kopi




Kesimpulan

Kopi memang bisa meningkatkan performa lari dan mengurangi efek kelelahan yang sering terjadi pada pelari.

Minum kopi sebelum olahraga lari sebaiknya dilakukan secara berhati-hati dan tidak berlebihan.

Efek dari kopi bisa saja menjadi pembantu performa lari, namun kafein yang berlebihan juga bisa menjadi gangguan saat lari.




sumber

the effects of drinking coffee before running by runnersblueprint

can i drink coffee before running by verywellfit



Demikian pembahasan untuk minum kopi sebelum olahraga kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Manfaat Minum Kopi Sebelum Mulai Olahraga Lari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan