Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Treadmill & Cara Lari di Treadmill Yang Benar

Manfaat Treadmill

fungsi treadmill







Manfaat treadmill ada banyak bagi seorang pelari. Walaupun tidak semua orang punya akses untuk lari di treadmill, tapi fungsi treadmill memang tidak bisa terbantahkan.



Treadmill Jenis Olahraga Apa? | Apakah Treadmill Cardio?

Lari dengan treadmill termasuk dalam jenis olahraga cardio. Cardio pada dasarnya merupakan aktivitas fisik yang membuat jantung kita berdetak lebih cepat dan melibatkan otot besar dalam tubuh kita. 

Berlari atau berjalan di atas treadmill dapat membuat jantung kita lebih kuat, membantu paru-paru bekerja lebih baik, dan membantu membakar kalori.



Manfaat Treadmill | Manfaat Lari di Treadmill

Manfaat treadmill setiap hari

Apakah treadmill tiap hari sehat? Selama intensitasnya tetap terjaga dan tidak melulu lari yang intens, lari di treadmill bisa kita lakukan setiap hari.

Menggunakan treadmill setiap hari sebelum dan sesudah beraktivitas memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh.

Sebelum beraktivitas, treadmill membantu meningkatkan sirkulasi darah, menghangatkan otot, dan meningkatkan energi.

Setelah beraktivitas, treadmill membantu dalam pemulihan otot, mengurangi ketegangan, dan mempercepat pemulihan tubuh.


Manfaat treadmill 10 menit

Dalam waktu 10 menit, penggunaan treadmill dapat membantu meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengaktifkan syaraf tubuh. Meskipun durasinya singkat, ini adalah pilihan yang bagus untuk memulai rutinitas latihan jika kamu tidak punya waktu lebih untuk olahraga.


Manfaat treadmill 15 menit

Dalam 15 menit, penggunaan treadmill dapat memberikan manfaat yang lebih besar dalam hal peningkatan energi, pembakaran kalori, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan kapasitas paru-paru. Treamill selama 15 menit biasanya bisa menjadi pemanasan, sebelum olahraga intens yang akan kita lakukan.


Manfaat treadmill 20 menit

Dalam 20 menit, penggunaan treadmill dapat meningkatkan tingkat kebugaran dan kekuatan tubuh secara signifikan. Dengan durasi ini, kita akan mengalami peningkatan pembakaran kalori, peningkatan kekuatan otot, dan peningkatan ketahanan tubuh. Latihan treadmill selama 20 menit dengan intensitas yang ringan saat malam hari juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.


Manfaat treadmill 30 menit

Dalam 30 menit, penggunaan treadmill memberikan manfaat yang lebih menyeluruh untuk kondisi fisikmu. Setelah lari 30 menit, kita akan mengalami peningkatan kekuatan dan daya tahan, peningkatan kebugaran kardiovaskular yang signifikan, pembakaran kalori yang lebih tinggi, peningkatan metabolisme, dan kesehatan jantung yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga Manfaat lari 30 menit adalah mampu meningkatkan level aerobik. Berikut daftar 7 manfaat olahraga lari 30 menit. | Lari 30 menit.




Manfaat Lari di Treadmill Untuk Pria & Wanita

Manfaat treadmill untuk Pria

Treadmill memberikan sejumlah manfaat bagi pria, termasuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, meredakan stres, dan meningkatkan kesehatan jantung.


Manfaat treadmill untuk wanita

Treadmill memberikan manfaat yang signifikan bagi wanita, termasuk meningkatkan kondisi kardiovaskular, membantu mengontrol berat badan, membangun kekuatan otot, meredakan stres, dan meningkatkan kesehatan jantung.




Kapan Treadmill Dilakukan?

Manfaat treadmill pagi hari

Berolahraga menggunakan treadmill di pagi hari memiliki manfaat yang signifikan, termasuk meningkatkan energi, mood, kondisi mental, mempercepat metabolisme, memulai hari dengan perasaan yang positif.

Baca juga 6 steps biar kamu terbiasa lari pagi. Lari pagi banyak banget manfaatnya namun tidak semua orang bisa lari pagi. Berikut cara biar bisa lari pagi. | Lari pagi.


Manfaat treadmill malam hari

Olahraga menggunakan treadmill pada malam hari memiliki manfaat yang signifikan, termasuk mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, menjaga konsistensi olahraga, mengurangi rasa lapar malam hari, dan meningkatkan pembakaran kalori.




Manfaat Treadmill Untuk Kesehatan

Manfaat treadmill dalam membakar lemak

Apakah treadmill bisa membakar lemak? Olahraga menggunakan treadmill membawa manfaat yang signifikan dalam membakar lemak. Dengan meningkatkan pembakaran kalori, melalui latihan kardiovaskular yang intens, latihan interval, treadmill membantu menciptakan defisit kalori yang diperlukan untuk membakar lemak tubuh. 

Selain itu, treadmill juga meningkatkan metabolisme tubuh dan efek afterburn, yang berkontribusi pada pembakaran lemak yang berkelanjutan. Apalagi jika ditambah dengan latihan kekuatan otot seperti angkat beban.


Membantu mengecilkan perut

Apakah lari di treadmill bisa mengecilkan perut? Dengan pembakaran kalori yang meningkat, latihan kardiovaskular yang efektif, termasuk latihan intensitas tinggi dan latihan interval, treadmill bisa membantu kita untuk menurunkan lemak di area perut dan memperkuat otot-otot perut. 

Selain itu, treadmill juga dapat meningkatkan postur tubuh secara keseluruhan, sehingga perut terlihat lebih rata dan menarik. Sebaiknya, kombinasikan latihan treadmill dengan pola makan sehat dan latihan pembentuk otot, agar kita bisa mencapai hasil yang optimal dalam mengecilkan perut.

Baca juga Cara menghilangkan lemak di perut itu ada bermacam-macam. Namun Lari adalah cara menghilangkan lemak di perut yang paling aman, mudah, dan murah. | Cara mengecilkan perut.


Mengatur tingkat gula dalam darah

Saat lari di treadmill, tubuh akan melepaskan suatu zat kimia dari hati yang kemudian digunakan oleh otot. Zat kimia ini berguna dalam membantu mengatur tingkat gula dalam darah

Bahkan dengan berjalan atau lari selama 30 menit setiap hari di treadmill, kita dapat dengan mudah mengatur tingkat gula dalam darah. Yang pada akhirnya mampu membantu kita mencapai berat badan ideal.


Menurunkan berat badan

Latihan treadmill yang dikombinasikan dengan latihan lain seperti kardio, interval run, tempo run, dan latihan kekuatan otot, akan membakar kalori lebih banyak.

Sehingga, laithan treadmill ini membantu menciptakan defisit kalori yang diperlukan untuk menurunkan berat badan. 


Manfaat treadmill untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular

Sama seperti lari di luar ruangan, berlari dengan treadmill memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular. Dengan meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kita bisa menurunkan risiko penyakit jantung, membantu mengontrol berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan mengurangi stres.


Membantu otot tubuh

Treadmill melatih otot apa? Treadmill tidak hanya memberikan manfaat kardiovaskular, tetapi juga melatih otot tubuh secara efektif. Selama kita berlari atau berjalan di treadmill, otot-otot seperti betis, quadriceps, hamstring, bokong, perut, dan lengan secara aktif dilatih.

Namun, jika kamu ingin fokus pada pengembangan otot yang lebih spesifik, latihan beban atau latihan otot yang lebih terarah mungkin lebih diperlukan.


Kesehatan mental lebih baik

Kamu bisa melupakan depresi seharian dan memiliki kemampuan untuk menurunkan rasa cemas dengan aktivitas fisik seperti berlari. 

Hal ini terjadi karena saat berlari di treadmill, otak melepaskan zat kimia yang disebut endorfin. Zat kimia ini akan meningkatkan perasaan rileks dan membantumu bertahan dari stres berlebihan.


Manfaat lari di treadmill untuk recovery cedera

Lari di treadmill dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam proses pemulihan cedera. Apalagi jika kamu baru saja cedera parah yang mengharuskanmu menjalani sebuah pembedahan/operasi.

Lari dengan treadmill membuat kita bisa mengatur kontrol lingkungan, impak benturan saat kaki menapak, intensitas lari, durasi dan volume latihan, serta kemampuan untuk memantau performa tubuh.

Baca juga Recovery run bermanfaat memelihara kondisi tubuh setelah lari yang intens. Berikut cara dan panduan lengkap tentang recovery run. | Cara recovery run.


Efek lari di treadmill untuk tinggi badan

Apakah treadmill bisa meninggikan badan? Walaupun tinggi badan lebih dipengaruhi oleh gen keturunan, namun pada dasarnya fisik yang aktif berolahraga akan lebih mungkin untuk tumbuh tinggi. Dibanding fisik yang tidak pernah di latih, dan jarang berolahraga.

Baca juga Apakah Lari Bisa Menambah Tinggi Badan? | Apakah lari bisa menambah tinggi badan? Ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan. Berikut jawaban apakah lari bisa menambah tinggi badan. | Tambah tinggi badan dengan lari.





Manfaat Olahraga di Treadmill Lainnya

Bisa lari dengan lebih aman

Lari di luar biasanya penuh rintangan dan juga banyak permukaan tanah yang tidak rata. Permukaan yang tidak rata ini dapat mengganggu sesi lari kita. 

Di treadmill, kita dapat lari tanpa gangguan, sehingga banyak pelari yang menggunakan treadmill sebagai alternatif.


Bisa lari kapanpun

Berlari di treadmill memberikan kemudahan karena waktu olahragamu bisa jadi lebih fleksibel, tanpa tergantung pada cuaca atau kondisi di luar ruangan. 

Kamu bisa menjaga rutinitas olahraga yang konsisten tanpa khawatir terhadap faktor eksternal apapun yang bisa mengganggu latihanmu.


Manfaat treadmill untuk kecepatan dan daya tahan

Treadmill memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kecepatan lari (pace) dan daya tahan tubuh (endurance). 

Kita bisa lari dengan HIIT seperti tempo run, yang menggunakan pace di tengah-tengah zona nyaman dan zona berat, untuk melatih kecepatan dan daya tahan tubuh saat berlari.


Lebih efisien dengan waktu

Dengan menggunakan treadmill, kita dapat dengan mudah melacak kecepatan, jarak, dan kalori yang terbakar. 

Selain itu, manfaat treadmill juga membuat kita dapat melakukan beberapa aktivitas lain saat sedang lari. Seperti misalnya ngecek email pekerjaan, membaca buku, atau menonton TV.




Cara Efektif Menggunakan Treadmill

Apakah boleh olahraga treadmill tidak pakai sepatu?

Walaupun impak yang diterima oleh kaki tidak sebesar saat lari outdoor, kita tetap tidak disarankan untuk berolahraga treadmill tanpa sepatu. 

Menggunakan sepatu yang sesuai penting untuk melindungi kaki dan mencegah cedera. Sepatu lari akan memberikan penyerapan benturan yang baik, menjaga stabilitas kaki, dan memberikan perlindungan dari benturan serta gesekan yang terjadi saat berlari di atas treadmill. 

Baca juga Manfaat Lari Tanpa Sepatu | Lari nyeker atau lari tanpa sepatu memang bisa kita lakukan sekali-kali. Berikut hal yang perlu kita tahu tentang lari tanpa sepatu atau lari nyeker. | Lari nyeker.


Buat target latihan

Sebelum mulai menggunakan treadmill, coba buat target latihan yang realistis. Tentukan seberapa sering kamu ingin berlari di treadmill dan berapa lama setiap sesi latihan.


Membuat jadwal

Membuat jadwal lari dapat membantumu memiliki rasa tanggung jawab dan menjadikan treadmill sebagai habit atau kebiasaan. 

Perlakukan sesi latihan treadmill seperti pertemuan penting yang tidak boleh kamu lewatkan.


Buat sesi lari jadi menyenangkan

Untuk menjaga motivasi, coba lari di treadmill sambil mendengarkan podcast, tonton acara TV, atau nonton film saat lari. 

Kalau perlu, kamu bisa bergabung dengan grup lari virtual atau mendaftar untuk lomba lari virtual.


Berapa menit treadmill yang baik? 

Durasi yang baik untuk menggunakan treadmill dapat bervariasi tergantung pada tujuan, tingkat kebugaran, dan ketersediaan waktu. 

Secara umum, treadmill selama minimal 150 menit per minggu atau sekitar 30 menit 5 kali dalam seminggu dapat kamu lakukan. Namun, jika kamu pelari pemula atau memiliki keterbatasan waktu, cukup 10 atau 15 menit dan secara bertahap naikkan durasinya seiring waktu. 


Gabungkan dengan strength training

Kita bisa memaksimalkan hasil dari olahraga treadmill yang kita dapatkan. Lakukan latihan kekuatan seperti lunges, squats, atau push-up jika kamu tidak sedang lari treadmill. Ini akan membantu tubuhmu untuk mengembangkan otot, membakar lebih banyak kalori, dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.


Kecepatan treadmill untuk pemula

Berapa kecepatan treadmill untuk pemula? Kecepatan treadmill yang tepat untuk pemula sangat tergantung pada tingkat kebugaran dan kenyamanan masing-masing pelari.

Secara umum, disarankan bagi pemula untuk memulai dengan kecepatan yang dapat mereka pertahankan. Kamu bisa menggunakan pace conversational untuk membantumu sebagai pemula.


Incline di treadmill itu apa?

Kemiringan atau incline pada treadmill memiliki peran penting dalam meningkatkan intensitas lari di treadmill. 

Fitur incline pada treadmill berguna untuk meniru kondisi permukaan tanah yang menanjak. Ini berguna jika kita mau latihan lari menanjak atau hill run.

Latihan lari dengan permukaan treadmill yang menanjak, dapat memperkuat otot kaki, meningkatkan kekuatan, dan membakar lebih banyak kalori. 

Kita bisa memilih sendiri tingkat kemiringan yang kita inginkan. Untuk pemula, kamu dapat memulai dengan kemiringan rendah sekitar 1-2%, dan secara bertahap tingkatkan kemiringannya seiring waktu. 


Persiapan sebelum menggunakan treadmill

Apa yang harus dilakukan sebelum treadmill? Tips penggunaan treadmill yang aman dan efektif, memerlukan  beberapa persiapan agar latihanmu tetap aman dan efektif.


Pemanasan

Lakukan pemanasan selama 5-10 menit sebelum menggunakan treadmill.


Pilih sepatu yang tepat

Gunakan sepatu olahraga yang nyaman. Pastikan sepatu larimu memberikan dukungan yang baik pada kaki.

Baca juga Rekomendasi Sepatu Lari Lokal Di Bawah 500rb | Sepatu lari brand lokal indonesia dengan harga di bawah 500rban. | Sepatu lari murah.


Atur kecepatan dan kemiringan treadmill

Atur kecepatan dan kemiringan treadmill sesuai dengan tingkat kemampuan larimu. Mulailah dengan kecepatan rendah dan kemiringan datar, kemudian secara bertahap tingkatkan seiring waktu.


Perhatikan postur tubuh

Jaga postur tubuh yang baik saat menggunakan treadmill. Tegakkan tubuh dengan bahu rileks dan pandangan lurus ke depan.



Apa yang harus dilakukan setelah treadmill?

Setelah menggunakan treadmill, penting untuk melambatkan kecepatan secara bertahap, jalan kaki selama beberapa menit, dan kemudian barulah kita bisa berhenti bergerak sepenuhnya. 

Hal ini membantu tubuhmu untuk beradaptasi dengan perubahan ritme detak jantung, dan mencegah penurunan tekanan darah yang tiba-tiba. 

Selain itu, jangan lupa untuk segera stretching. Melakukan stretching membantu mengurangi kekakuan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan mempercepat pemulihan otot. 

Setelah semua itu sudah kamu lakukan, barulah kamu boleh duduk dan beristirahat.




Apakah Hasil Treadmill Akurat?

Ketika berlari di treadmill, kamu bisa melihat angka-angka yang ditampilkan di layar. Angka-angka tersebut bisa mewakili kecepatan, jarak, dan kalori yang terbakar. 

Jadi, apakah angka-angka itu akurat?

Treadmill sebenarnya memiliki akurasi yang baik dalam mengukur jarak dan kecepatan kita saat berlari. Ini karena saat kamu berlari, ada proses kalibrasi yang dilakukan berdasarkan rotasi dari belt treadmill, untuk mengetahui sejauh apa kamu berlari.

Namun, untuk lari yang mengharuskan breaktime seperti lari interval atau lari tabata, treadmill cenderung tidak akurat.

Ini karena selama breaktime tersebut, treadmill akan terus menggerakkan belt, sehingga mesin ini tidak akan menunjukkan akumulasi jarak yang benar.




Masalah Saat Lari di Treadmill

Kenapa setelah treadmill pusing?

Setelah melakukan treadmill, kita mungkin mengalami pusing karena penurunan tekanan darah mendadak akibat langsung duduk tanpa pendinginan, atau akibat dehidrasi karena kehilangan cairan melalui keringat. 

Coba lakukan pemanasan sebelum treadmill, jalan kaki selama beberapa menit setelah lari, dan jaga asupan cairan yang cukup selama dan setelah latihan.

Baca juga Alasan Kenapa Tidak Boleh Langsung Duduk Setelah Lari | Alasan kenapa tidak boleh langsung duduk setelah lari adalah agar tubuh bisa melewati proses pendinginan dan mengirimkan darah kembali ke jantung. | Jangan langsung duduk habis olahraga.





Tabel Pace Untuk Lari Treadmill

Terkadang, kita tidak tahu berapa pace lari kita saat menggunakan treadmill. Banyak mesin treadmill yang hanya menunjukan jarak dan kecepatan lari dalam Kph atau Mph.

Untuk itu, kita perlu tabel pace untuk lari treadmill agar kita tahu berapa pace yang kita gunakan saat berlari.

Tabel ini memberikan panduan yang jelas tentang kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Sehingga, kamu bisa tetap mendapatkan manfaat treadmill walaupun tidak ada data tentang pace di dashboard treadmill.



tabel pace lari di treadmill

tabel pace lari treadmill

tabel pace lari treadmill





Rekomendasi Treadmill Murah

e-Buy Running Mat Treadmill 



Mesin treadmill ini dapat dilipat dan disimpan dengan mudah, sehingga tidak memakan tempat terlalu banyak. Speed pada mesin ini bisa diatur mulai dari 1km/jam sampai 10km/jam (enam gigi). Kita dapat mengontrol kecepatan dengan mudah melalui remote control nirkabel. Kemudian pada ampilan panel yang ada, kita bisa melihat kecepatan, kalori, jarak, dan waktu. 

Selain itu, desain senyap dan tidak berisik membuat treadmill ini cocok untuk dipakai di rumah. Treadmill ini juga memiliki kapasitas beban maksimum 120Kg, sehingga cocok untuk dipakai membantu menurunkan berat badanmu.

Jika kamu tertarik, langsung dapatkan mesin treadmill ini seharga 1,5 jutaan di link Shopee berikut.





Keep Going Max Treadmill



Treadmill ini memiliki fitur untuk menyesuaikan kecepatan untuk lari, jogging, dan berjalan. Dilengkapi juga dengan kunci pengaman dan layar LCD sederhana. 

Selain itu, Treadmill ini memiliki fungsi penyerapan guncangan pernapasan yang unik, dan platform lari lebar 56CM dengan sabuk tahan aus serta bahan stainless steel yang aman maupun tahan lama.

Langsung cek sendiri treadmill seharga 1,9 jutaan di link Shopee berikut.





e-Buy Treadmill Manual


Treadmill ini dilengkapi dengan dasbor LED multifungsi, lintasan yang mampu menyerap guncangan, sistem bantalan beban dua lapis, teknologi peredam suara, penyesuaian level kemiringan multi-level, dan dapat dilipat yang cepat.

Jika kamu tertarik, langsung cek sendiri treadmill seharga 1,2 jutaan ini di link Shopee berikut.






Kesimpulan

Manfaat treadmill antara lain meningkatkan kebugaran dan kesehatan, membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh, serta memperbaiki postur tubuh. 

Namun, penting untuk selalu menjaga keamanan selama menggunakan treadmill, seperti memakai sepatu olahraga yang tepat, mengatur kecepatan dan kemiringan treadmill dengan bijak, dan memperhatikan tanda-tanda kelelahan atau cedera.

Selain itu, kombinasikan treadmill dengan latihan lain, seperti latihan kekuatan atau latihan otot agar kondisi keseluruhan fisik dapat kita latih secara merata.




sumber:

are treadmills accurate by healthreporter

treadmill pace chart by relentlessforwardcommotion

running to success by womenfitnessmag

Running on treadmill by ponbey




Artikel Lainnya Yang Setopik

5 Aspek Perbedaan Antara Lari Di Treadmill vs Outdoor | 5 aspek yang membedakan lari di treadmill dan lari di luar. Lari di treadmill vs lari di jalan. | Beda lari di luar dengan treadmill


Demikian pembahasan untuk manfaat treadmill kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Manfaat Treadmill & Cara Lari di Treadmill Yang Benar"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan