Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Pelari / Runner Berdasarkan Tujuannya

Pelari | Runner | Runners

Pelari, Runner, Runners,







Apa Tujuan Dari Lari?

Apa tujuan dari berlarih lari jogging? Setiap orang berlari dengan berbagai macam alasan. 

Namun kalau bisa di kategorikan, kira-kira ada 3 kategori utama dari pelari berdasarkan tujuannya, yaitu :

  • kategori pelari rekreasi alias fun,
  • pelari prestasi atau profesional, dan
  • pelari yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan.

Ketiganya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing tergantung tujuan mengapa mereka mulai berlari.



Pelari Rekreasi

Pelari rekreasi lebih mencari segi kesenangan dari olahraga lari itu sendiri. Berkumpul bersama teman, melihat pemandangan baru, dan menghilangkan rasa penat aktivitas sehari-hari menjadi hal yang dicari dari pelari seperti ini. Selain tentu saja meningkatnya kesehatan tubuh dari olahraga lari itu sendiri.


Apa Manfaat Berlari Dalam Kehidupan Sehari hari?

Pelari rekreasi sangat banyak mendapatkan manfaat pada kehidupan sehari-hari mereka, terutama dalam aspek mental.

Berlari bermanfaat memperbaiki mood dan efektif memberikan rasa tenang. 

Untuk seseorang yang punya masalah dengan anxiety dan depresi, olahraga kardio sangat-sangat bagus karena bisa melepaskan senyawa endocannabinoid sebagai anti-depressan yang baik.



Pelari Prestasi

Saat seseorang menentukan satu tujuan pilihannya, maka dia akan kehilangan dua tujuan lainnya.

Pelari prestasi lebih bertujuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan misalnya medali ataupun hadiah uang. Akan tetapi dengan demikian ia harus berlatih dengan intensitas yang tinggi, teratur dan disiplin yang berarti ia akan kehilangan nilai rekreasi dan kesehatannya.

Seorang pelari prestasi tentunya akan menghadapi resiko gangguan kesehatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pelari rekreasi dan kesehatan karena tingginya intensitas latihan namun hal itu akan terbayar dengan besarnya hadiah yang diterima dan kepuasan yang dicapai.


Bagaimana Agar Kuat Lari?

Bagaimana cara lari agar tidak mudah capek? Untuk menjawan pertanyaan ini, seorang pelari prestasi perlu memahami 3 aspek dalam latihan lari, yaitu meningkatkan endurance, melatih speed/pace, dan membentuk otot.

Endurance (Stamina)
Endurance atau stamina yang kuat, sangat penting dimiliki oleh seorang pelari. Ini karena semakin baik level endurance, semakin baik pula performa lari mereka saat mengikuti sebuah event lari seperti half marathon atau full marathon.

Untuk meningkatkan endurance, kamu perlu memperbanyak lari jarak jauh dengan pace (kecepatan) yang konstan. Selain itu, jarak yang dipilih sebaiknya dinaikkan secara bertahap. Misalnya, minggu ini kamu berlari 5km sebanyak 2-3x, lalu minggu depan 5,5km sebanyak 2-3x, kemudian minggu depannya lagi 6km 2-3x.

Dengan menaikkan jarak lari secara bertahap, kamu membangun stamina dan fisik dengan lebih aman serta efek yang lebih long-lasting. 

Speed (Kecepatan)
Setelah memiliki level stamina yang baik, selanjutnya kita perlu melatih kecepatan lari.

Seorang pelari prestasi, bisa melatih pace mereka dengan lari berintensitas tinggi seperti interval, fartlek, tabata, dan jenis lari intens lainnya.

Lari intens ini akan melatih fisikmu untuk berlari dengan pace yang tinggi, dan endurance tadi akan memastikan  kamu mampu berlari dengan durasi lebih lama. 

Oleh karena itu, seorang pelari prestasi tidak bisa hanya melatih speed, mereka juga perlu melatih endurance agar mampu dan kuat untuk lari yang intens dengan durasi lebih lama.

Membentuk Otot
Otot yang kuat sangat penting untuk semua jenis pelari termasuk pelari prestasi. Ini karena otot yang kuat melindungi tubuh dari cedera.

Hampir semua cedera yang dialami oleh seorang pelari, biasanya dikarenakan oleh kondisi otot yang tidak kuat menerima intensitas lari. Oleh karena itu, membentuk otot dengan gerakan-gerakan seperti plank, squat, lunges, dan berbagai variasi lainnya sangat penting.




Pelari Untuk Kesehatan

Sementara itu, semua orang pasti setuju kalau berlari baik untuk kesehatan. Orang-orang dengan berat badan berlebih biasanya memilih lari sebagai olahraga yang akan dilakukan.

Karena selain mudah dilakukan, keefektifan dalam membakar kalori dan meningkatkan metabolisme jadi hal yang dituju oleh para pelari jenis ini.

Pelari untuk kesehatan biasanya memilih lari untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal.


Apakah Lari Bisa Mengencangkan Badan?

Lari bisa mengencangkan badan karena berlari membantu membentuk kondisi otot yang lebih baik. 

Lari bisa memicu pembentukan sel-sel otot baru dan memperkuat sel otot lama, mengencangkannya, dan membantu proses produksi energi.

Selain itu, berlari juga menyehatkan kondisi kulit dengan keringat yang membersihkan pori-pori yang ada di kulit.


Mengapa Lari Dapat Menyehatkan Jantung dan Paru-paru?

Seorang pelari merupakan seseorang yang rutin melakukan latihan kardio. Dan Lari seperti olahraga kardio lainnya, membantu kerja jantung dan paru-paru agar lebih efektif.

Berlari membantu membersihkan pembuluh darah sebagai jalan darah dari dan ke jantung. Semakin baik kondisi pembuluh darah, semakin ringan kinerja jantung.

Berlari juga membantu kinerja paru-paru dengan meningkatkan kemampuan paru dalam menyerap oksigen dari udara yang dihirup.


Mengapa Lari Jarak Jauh Dapat Membantu Membentuk Berat Badan Ideal?

Berlari memiliki 2 sistem pembakaran kalori, yaitu aerobik dan anaerobik.

Sistem aerobik membakar kalori dengan durasi yang lebih lama namun tidak membakar kalori lebih banyak di banding anaerobik.

Sementara anaerobik memiliki durasi yang singkat namun membakar kalori lebih banyak dibanding aerobik.

Saat seorang pelari menjalankan kedua sistem ini jika dilakukan secara rutin, makan akan membentuk berat badan ideal. Apalagi jika ditambah dengan latihan pembentuk otot seperti angkat beban, lunges, squat, plank, dll.


pelari runner runners



Kesimpulan

Ada 3 kategori utama dari pelari, yaitu : kategori pelari rekreasi alias fun, pelari prestasi atau profesional, dan pelari yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan.

Pelari rekreasi lebih mencari segi kesenangan dari olahraga lari itu sendiri. Lalu pelari prestasi menargetkan hadiah dan medali dari setiap event lari. Sementara itu, pelari kesehatan memilih lari untuk mendapatkan manfaat kesehatan bagi fisik mereka.


sumber : Msn.com



Artikel Lainnya Yang Setopik

5 Tips Untuk Pelari Yang Senang Olahraga Lari Setiap Hari | Lari setiap hari apakah bagus?

Cara Menambah Pace (Kecepatan Saat Lari) | Cara menambah pace lari.

Jadwal Latihan Lari Marathon Selama 20 Minggu Untuk Pelari Maraton Pemula | Program latihan marathon.


Demikian pembahasan untuk pelari kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk " 3 Jenis Pelari / Runner Berdasarkan Tujuannya"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan