Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Pelari Marathon Badannya Kurus?

Adaptasi Tubuh Pelari Marathon

pelari maraton pelari marathon pelari maraton tercepat di dunia pelari marathon dunia kaki pelari marathon pelari maraton dunia lari ultra marathon latihan lari marathon persiapan lari maraton persiapan lari 10k perlengkapan lari marathon latihan untuk lari marathon latihan lari 10k pelari marathon indonesia pelari maraton terbaik dunia pelari maraton terjauh di dunia teknik lari maraton jarak lari maraton pelari marathon memerlukan latihan yang berhubungan dengan komponen fisik yaitu materi lari maraton marathon film marathon maraton halfmarathon maybank marathon pelari maraton maybank bali maybank bali marathon run maraton ultra maraton maraton km km marathon kirui major marathon marathon istanbul lelisa maybank marathon anywhere hasay kanakuri marathon 42 km halv maraton marathon trail mini maraton albatros marathon finish marathon maraton 3 marathon sahara marathon milano vo2 max marathon marathon rhodes pelari maraton tercepat di dunia nienke brinkman marathon marathon extreme marathon 5 km worldmarathon pelari marathon dunia pelari marathon marathon 100km maraton live perbedaan maraton dan jogging latihan marathon 1 maraton médoc marathon bromo marathon marathon ber cross marathon maybank marathon virtual plitvice marathon maraton 2 mario prosperi sahara sport maraton online maraton program maraton pelari maraton dunia dm marathon seorang pelari maraton membakar lemak maraton 21 marathon juni maraton a bs marathon garmin maraton maybank bali marathon virtual maraton marathon maraton 1 kategori marathon itbultra maraton 100km marathon 15 km 11 kasım maraton marathon maraton tour marathon maybank marathon anywhere merchandise maybank marathon anywhere official store forsage marathon maratones en new york perlengkapan marathon KENAPA PELARI MARATON BADANNYA KURUS?







Tubuh manusia sangat pintar beradaptasi dengan apa yang dilakukan pemiliknya. Orang yang jarang bergerak akan membuat tubuh gemuk karena energi dari makanan menumpuk dan tidak disalurkan. 

Sementara, orang yang sering ke gym akan memiliki badan yang berotot dan kekar. Nah, begitu pula orang yang sering lari jarak jauh seperti pelari marathon.

Secara teori, memang lebih efisien untuk berlari jarak jauh dengan postur tubuh yang kurus dan ramping. Hal inilah yang terjadi pada tubuh dari orang yang terus berlatih marathon. Jadi apa sebenarnya yang menyebabkan pelari marathon badannya kurus?



Kenapa Pelari Jarak Jauh Berbadan Kurus?

Penyebab kenapa pelari marathon berbadan kurus adalah karena tubuh mereka beradaptasi dengan latihan yang mereka lakukan. 

Saat seseorang berlari dengan jarak yang jauh seperti marathon, tubuh akan membangun banyak sekali sel mitochondria. 

Sel ini adalah pembangkit energi di dalam otot. Semakin banyak sel ini di ototmu, semakin kuat  dirimu saat lari jarak jauh.

Sementara itu, tubuhmu sebenarnya juga membangun massa otot baru. Hanya saja massa otot ini jauh lebih sedikit dibanding sel mitochondria tadi.

Akhirnya, ototmu akan menyusut dan tubuh akan memprioritaskan pembentukan sel mitochondria dibanding membangun massa otot.

Karena itu, semakin banyak lari jarak jauh yang kamu lakukan, maka akan semakin menyusut massa ototmu. Ini karena tubuhmu akan beradaptasi dengan jenis lari & latihan yang kamu lakukan.



Menjadi Kurus Adalah Respon Adaptasi Dari Tubuh Pelari Marathon

Pelari marathon berbadan kurus adalah bentuk respon dan adaptasi dari tubuhnya, terhadap jenis lari yang dilakukan.

Pada pelari Marathon, tubuh mereka menyusutkan massa otot dan membentuk banyak sel mitochondria di otot. Tubuh seorang pelari marathon akan beradaptasi sesuai dengan latihan yang sudah dilakukan.

Kenapa? karena menurut tubuh, bentuk seperti inilah yang paling tepat dipakai untuk berlari jarak jauh. Tubuh dengan massa otot sedikit namun memiliki sel mitochondria yang banyak mampu berlari lebih efisien dan lebih jauh dibanding bentuk tubuh lainnya.

Jadi bukan berarti lari tidak bisa membentuk otot. Lari bisa membentuk otot, namun ketika menu latihanmu terdiri dari banyak lari jauh dan sedikit latihan pembentuk otot seperti angkat beban, maka tubuh akan otomatis menyusutkan massa otot.



Tubuh Akan Selalu Merespon Apa Yang Kamu Lakukan

Tentu untuk pelari yang sedang mempersiapkan diri untuk ikut lari marathon, pastinya akan memperbanyak jumlah long run yang dilakukan. Dan tubuhnya akan beradaptasi dengan latihan marathon tersebut.

Maka wajar saja kalau pelari yang terkenal karena marathon, cenderung berbadan kurus dan ramping. Itulah respon dan adaptasi tubuhnya, terhadap latihan marathon yang dia lakukan.

Begitu pula dengan pelari sprint yang mengharuskan lari intens dengan kecepatan tinggi dalam waktu singkat. 

Badan mereka merespon dengan membentuk tubuh yang berotot, toned, dan ramping walau tidak sekurus pelari Marathon. Hal yang sama juga pada para body builder atau orang yang ingin punya six pack di perutnya

"Their training shape how they look".

Latihan mereka membentuk bagaimana penampilan mereka.



Cara Agar Badan Tidak Kurus Karena Lari

"Saya suka long run, dan sekarang lagi latihan buat Marathon. Apakah ada cara supaya massa otot saya tidak menyusut?"

Untungnya, untuk kamu yang sudah kurus dan tidak ingin semakin kurus karena massa otot menyusut, kamu bisa melakukan High Intensity Training seperti angkat beban, Strength Training, Interval running, Hill Running (lari menanjak), atau sprint.

Kamu bisa membuat jadwal lari perminggu yang berisi 3 komponen utama berupa long run, speed run (interval, sprint, hill run), dan latihan pembentuk otot (angkat beban, plank, lunges, squat).

Jenis-jenis latihan tadi membantu membangun massa otot baru, dan mencegah terjadinya penyusutan massa otot. Selama tidak dilakukan di hari yang sama dengan latihan marathon atau lari long run mu.


pelari maraton pelari marathon pelari maraton tercepat di dunia pelari marathon dunia kaki pelari marathon pelari maraton dunia lari ultra marathon latihan lari marathon persiapan lari maraton persiapan lari 10k perlengkapan lari marathon latihan untuk lari marathon latihan lari 10k pelari marathon indonesia pelari maraton terbaik dunia pelari maraton terjauh di dunia teknik lari maraton jarak lari maraton pelari marathon memerlukan latihan yang berhubungan dengan komponen fisik yaitu materi lari maraton marathon film marathon maraton halfmarathon maybank marathon pelari maraton maybank bali maybank bali marathon run maraton ultra maraton maraton km km marathon kirui major marathon marathon istanbul lelisa maybank marathon anywhere hasay kanakuri marathon 42 km halv maraton marathon trail mini maraton albatros marathon finish marathon maraton 3 marathon sahara marathon milano vo2 max marathon marathon rhodes pelari maraton tercepat di dunia nienke brinkman marathon marathon extreme marathon 5 km worldmarathon pelari marathon dunia pelari marathon marathon 100km maraton live perbedaan maraton dan jogging latihan marathon 1 maraton médoc marathon bromo marathon marathon ber cross marathon maybank marathon virtual plitvice marathon maraton 2 mario prosperi sahara sport maraton online maraton program maraton pelari maraton dunia dm marathon seorang pelari maraton membakar lemak maraton 21 marathon juni maraton a bs marathon garmin maraton maybank bali marathon virtual maraton marathon maraton 1 kategori marathon itbultra maraton 100km marathon 15 km 11 kasım maraton marathon maraton tour marathon maybank marathon anywhere merchandise maybank marathon anywhere official store forsage marathon maratones en new york perlengkapan marathon



Kenapa Membuat Variasi Workout Sangat Penting?

Pelari Marathon berbadan kurus karena mereka memfokuskan latihan mereka, pada kemampuan untuk berlari jarak jauh. 

Ini berarti menu latihan mereka berkutat pada menu latihan yang khusus dibuat untuk seorang pelari marathon. Akhirnya tubuh mereka pun beradaptasi dengan latihan yang dilakukan.

Namun, untuk pelari biasa yang hanya ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga lari, kamu perlu memberikan variasi pada latihanmu. 

Ini adalah hal yang harus dilakukan, jika kamu mau mendapatkan manfaat penuh dari lari yang dilakukan. Selain juga mencegah ketidakseimbangan yang mungkin terjadi antara satu latihan dengan latihan lainnya.

Pastikan di jadwal lari atau jadwal workout per minggu yang kamu buat, ada berbagai macam latihan yang berbeda-beda. Mulai dari angkat beban, strength training, speed run, easy run, dan long run.

Bahkan kalau kamu hanya punya weekend untuk olahraga, kamu bisa membuat list singkat untuk latihan apa saja yang mau kamu lakukan.


  • Misalnya Sabtu pagi lari 5-15k (30-80 menit)
  • Minggu pagi lanjut Sprint, Fartlek, atau Interval 100 - 500m 
  • Lalu sorenya latihan angkat beban atau strength training, (30-45 menit)



Kesimpulan

Penyebab kenapa pelari marathon berbadan kurus adalah karena tubuh mereka beradaptasi dengan latihan yang mereka lakukan. 

Bukan berarti lari tidak bisa membentuk otot. Lari bisa membentuk otot, namun ketika menu latihanmu terdiri dari banyak lari jauh dan sedikit latihan pembentuk otot seperti angkat beban, maka tubuh akan otomatis menyusutkan massa otot.

Jika kamu sudah kurus dan tidak ingin semakin kurus karena massa otot menyusut, kamu bisa melakukan High Intensity Training seperti angkat beban, Strength Training, Interval running, Hill Running (lari menanjak), atau sprint.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Jadwal & Program Latihan Lari Half Marathon Selama 12 Minggu | Program latihan half marathon.

Cara Mencapai Berat Badan Ideal Dengan Olahraga Lari | Cara mendapatkan berat badan ideal.



sumber : Why do my muscle get smaller from running by podiumrunner


Demikian pembahasan untuk pelari marathon kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee

Follow juga Instagram kita di @runners.case untuk mendapatkan tips dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk " Kenapa Pelari Marathon Badannya Kurus?"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan