Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Darah Rendah Untuk Pelari

Cara Mengatasi Darah Rendah

Cara mengatasi darah rendah







Cara mengatasi darah rendah sebenarnya cukup dengan memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat. Walaupun memang ada penyebab-penyebab tertentu yang tidak ada hubungannya dengan gaya hidup.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi efek buruk dari tekanan darah yang rendah.



Pengertian Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau Hipotensi adalah kondisi dimana tekanan darah berada di level yang lebih rendah dari 90/60 mmHg. Namun, terkadang level tekanan darah yang rendah bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Tekanan darah yang rendah itu sendiri sebenarnya tidak perlu menjadi kekhawatiran yang serius. Namun, ketika tekanan darah rendah muncul dibarengi dengan pusing, sakit kepala, mual, dan badan terasa lemas, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

American Heart Association menyatakan bahwa tekanan darah ideal biasanya berkisar di antara 120/80 mmHg.

Selain itu, tekanan darah bervariasi sepanjang hari, tergantung pada beberapa faktor seperti posisi tubuh, pernapasan, makanan, minuman, obat-obatan, kondisi fisik, stres, dan waktu dalam sehari. 




Penyebab Darah Rendah | Penyebab Tekanan Darah Rendah

Darah rendah disebabkan karena apa? Darah rendah disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut.


Kehamilan

Kondisi hamil membuat pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan tekanan darah turun. Tentu tidak ada cara mengatasi darah rendah akibat kehamilan karena hal ini natural terjadi.

Tekanan darah rendah biasanya terjadi pada 24 minggu pertama kehamilan, dan biasanya kembali normal setelah melahirkan.


Gangguan pada jantung

Masalah pada jantung juga dapat menurunkan tekanan darah. Masalah seperti serangan jantung, gagal jantung, penyakit katup jantung, dan detak jantung melambat (bradikardia) dapat menyebabkan tekanan darah rendah.


Gangguan hormon

Kondisi yang memengaruhi kelenjar paratiroid atau adrenal, seperti penyakit Addison, dapat menyebabkan tekanan darah turun. 

Selain itu, kondisi gula darah rendah (hipoglikemia) dan diabetes juga dapat menurunkan tekanan darah.


Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan air, volume darah dalam tubuh menurun sehingga menyebabkan tekanan darah turun. Karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.


Kehilangan darah

Kehilangan banyak darah, seperti akibat cedera atau pendarahan internal, juga mengurangi volume darah. Jika ini terjadi, maka akan menyebabkan penurunan tekanan darah yang parah, dan jika dibiarkan akan menyebabkan kematian.


Shock septik

Ketika bakteri penyebab infeksi masuk ke dalam aliran darah, hal ini bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang mengancam jiwa. Kondisi ini biasanya disebut sebagai syok septik.


Reaksi alergi parah

Alergi biasanya dikaitkan dengan munculnya masalah pada kulit atau pernapasan. Namun alergi juga dapat menyebabkan penurunan pada tekanan darah melewati batas normal.


Kekurangan nutrisi dalam diet

Tingkat rendah vitamin B-12, folat, dan zat besi dapat mencegah tubuh memproduksi cukup sel darah merah (anemia), sehingga kondisi ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Baca juga Makanan untuk pelari bisa dibagi menjadi beberapa kategori: makanan sebelum, saat, dan sesudah berlari. Berikut tips lengkap makanan untuk pelari. | Makanan untuk pelari.


Efek samping obat

Obat-obatan yang menyebabkan tekanan darah rendah banyak beredar di apotik. Oleh karena itu, selalu teliti dahulu efek samping dari obat yang kamu beli.




Gejala Darah Rendah

Apa tanda tanda darah rendah? Apa saja ciri ciri darah rendah? Tanda tanda darah rendah biasanya muncul seperti penglihatan kabur, pusing, pingsan, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan mual.

Namun, kita harus sadar bahwa tekanan darah rendah bisa menjadi petunjuk adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Terutama jika penurunannya terjadi secara tiba-tiba atau muncul bersama dengan gejala-gejala tersebut.

Bahkan kalau tekanan darah hanya berubah sekita 20 mmHg secara tiba-tiba, tubuh kita dapat mengalami pusing dan pingsan. Jadi, kita memang harus berhati-hati dengan penurunan tekanan darah yang terjadi secara drastis, dan tahu apa saja cara mengatasi darah rendah.



Perbedaan Darah Rendah dan Kurang Darah

Perbedaan utama antara darah rendah dan kurang darah adalah, kalau darah rendah itu berkaitan dengan tekanan darah yang lebih rendah dari batas normal (120/80 mmHg). Jadi, darah rendah tidak terlalu ada hubungannya dengan kurang darah.

Sedangkan, kurang darah (anemia) lebih berkaitan dengan jumlah sel darah merah (hemoglobin) yang rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala kelelahan dan sesak napas. 



Perbedaan Darah Rendah dan Darah Tinggi

Perbedaan utama antara darah rendah dan darah tinggi terletak pada tekanan darahnya sendiri dan efeknya pada tubuh. Darah rendah terjadi ketika tekanan darah terlalu rendah, yang dapat menyebabkan gejala seperti pusing dan pingsan. 

Sementara itu, darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah terlalu tinggi, karena adanya penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini dapat menyebabkan dampak serius pada organ-organ tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 



Efek Darah Rendah

Akibat darah rendah dapat berdampak buruk pada kesehatan kita karena dapat menyebabkan pusing, pandangan terasa berputar atau bergoyang, dan bahkan sampai kehilangan keseimbangan. 

Selain itu, gampang lemas juga bisa merupakan efek darah rendah sehingga mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Bukan cuma itu saja, karena tekanan darah rendah, pasokan darah menjadi tidak memadai ke otak, sehingga bisa menyebabkan kehilangan kesadaran sementara. 

Kalau kehilangan kesadaran ini terjadi saat kita sedang di jalan atau sedang mengendarai kendaraan, maka bisa menimbulkan risiko kecelakaan dan cedera.



Penyakit Darah Rendah

Kondisi darah rendah yang dibiarkan dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan komplikasi kritis seperti kerusakan jantung dan otak.


Masalah jantung

Karena tekanan darah yang rendah, jantung kekurangan oksigen yang cukup, sehingga tidak mampu memompa darah secara efektif. Ini berpotensi menghasilkan detak jantung tidak teratur, nyeri dada, atau bahkan gagal jantung.

Baca juga Olahraga jantung bermanfaat untuk memperkuat jantung. Tapi yang mana sih olahraga jantung yang baik? | Olahraga untuk jantung.


Gangguan pada otak

Aliran darah yang berkurang ke otak dapat menyebabkan gangguan kognitif, masalah ingatan, dan dalam kasus yang parah, kita bisa saja mengalami stroke. 

Semua resiko penyakit ini membuat cara mengatasi darah rendah menjadi hal yang perlu kita pelajari. Ini karena kondisi darah rendah yang dibiarkan begitu saja, akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Baca juga 11 Manfaat Olahraga Rutin Buat Otak | Manfaat olahraga rutin buat otak ada banyak sekali. Pelajari di sini apa saja manfaat olahraga rutin buat otak. | Manfaat lari buat otak.




Cara Mengatasi Darah Rendah | Solusi Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah rendah yang muncul tanpa gejala, jarang memerlukan pengobatan. Namun, jika muncul gejala medis, kita perlu melakukan hal-hal berikut.


Hindari obat dengan efek samping

Jika obat-obatan yang kebetulan sedang kamu konsumsi menjadi penyebab tekanan darah rendah, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk mengubah atau menghentikan penggunaan obat tersebut.


Konsumsi garam

Cara mengobati darah rendah selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi garam (natrium) dengan rutin. Garam diyakini mampu meningkatkan tekanan darah.

Cara menaikkan darah rendah dengan garam meman umum dilakukan. Namun, terlalu banyak natrium bisa menyebabkan masalah pada jantung, terutama pada orang tua. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu tentang penggunaan garam dengan dokter.


Minum lebih banyak air

Cairan meningkatkan volume darah dan membantu mencegah dehidrasi. Kedua hal tersebut penting dalam mengatasi hipotensi.


Menggunakan stoking kompresi

Stoking elastis ini biasanya digunakan untuk meredakan nyeri dan pembengkakan pada pembuluh darah vena yang bermasalah. Stoking ini juga membantu meningkatkan aliran darah dari kaki ke jantung.

Baca juga Kegunaan manset untuk olahraga ada banyak sekali. Berikut berbagai manfaat dan fungsi yang bisa kamu dapatkan dari kegunaan manset. | Manfaat manset.


Hati-hati dengan posisi tubuh

Penting untuk memperhatikan posisi tubuh. Jika bangun tidur, jangan langsung berdiri. Sebaiknya bangunlah secara perlahan, duduk beberapa saat, baru kemudian berdiri.

Ini juga berlaku ketika kamu bangun dari posisi duduk. Sebaiknya, bangkitlah dari posisi duduk secara perlahan. Jangan tiba-tiba berdiri karena akan berpengaruh pada tekanan darahmu.


Minum kopi

Kita bisa minum satu atau dua cangkir kopi atau teh berkafein kuat saat sarapan. Namun, kafein dapat menyebabkan dehidrasi karena memicu produksi urin (air kencing). Oleh karena itu, pastikan untuk minum banyak air dan cairan lain tanpa kafein.


Olahraga teratur

Cara mengatasi tekanan darah rendah yang terakhir adalah dengan rutin olahraga. Tentu, orang dengan tekanan darah rendah sebaiknya menghindari olahraga yang terlalu intens dan menghabiskan banyak tenaga.

Olahraga dengan intensitas rendah-sedang selama 30 menit, akan meningkatkan detak jantung sehingga tekanan darah ikut naik. Yang pasti, selalu pastikan bahwa olahraga yang kamu lakukan tidak memperburuk kondisi tekanan darahmu.




Olahraga Untuk Darah Rendah

Olahraga secara rutin bisa kita lakukan sebagai salah satu cara mengatasi darah rendah. Namun, jika kamu ingin menambahkan intensitas dari program olahraga ini, pastikan untuk melakukannya secara perlahan dan bertahap. Bila perlu, konsultasikan dulu ke dokter agar kamu lebih aman.

Bagaimana program olahraga yang baik dan tidak melelahkan? Berikut contohnya.


cara mengatasi darah rendah




Tips Olahraga Untuk Darah Rendah

Olahraga untuk penderita darah rendah sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan terukur. Berikut beberapa tips yang perlu kamu pahami.


Konsultasikan dengan dokter

Bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga baru. Dokter akan sangat membantu dalam memilihkan jenis dan intensitas olahraga terbaik sesuai kondisimu.


Jaga cairan tubuh

Dehidrasi dapat memperburuk gejala tekanan darah rendah, oleh karena itu jaga level cairan tubuh sebelum maupun setelah berlari.


Gunakan stoking kompresi

Stoking kompresi dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mencegah darah mengumpul di kaki. Hal ini dapat mengurangi gejala tekanan darah rendah saat kita berolahraga.


Dengarkan tubuh

Olahraga memang penting sebagai cara mengatasi darah rendah. Namun, perhatikan bagaimana reaksi tubuhmu saat berlari. Jika kamu mulai merasa tidak sehat, sebaiknya perlahan-lahan turunkan kecepatan atau hentikan lari.


Tingkatkan intensitas secara bertahap

Jangan langsung olahraga dengan intensitas yang tinggi jika kamu memiliki masalah tekanan darah rendah. Coba awali sesi larimu dengan jalan kaki 5-10 menit sebelum benar-benar berlari.


Perbanyak stretching

Stretching atau perenggangan dapat membantu regulasi tekanan darah lebih efektif. Namun yang paling penting, tetap jaga hidrasi tubuh.




Kesimpulan

Tekanan darah rendah merupakan hal yang umum terjadi, dan sebenarnya bukan merupakan masalah jika tidak ada gejala lain yang muncul.

Cara mengatasi darah rendah ada beberapa cara, mulai dari obat-obatan, olahraga rutin, mencegah dehidrasi, dan lain-lain.

Kita pun sebenarnya bisa tetap berolahraga walaupun ada masalah pada tekanan darah rendah. Namun, pastikan kita selalu berkonsultasi pada dokter untuk mengatur tekanan darah rendah kita.




sumber

low blood pressure by runnersworld

low blood pressure tips by medicalhealthauthority

low blood pressure diagnosis by mayoclinic

low blood pressure symptomps by mayoclinic



Daftar Para Ahli di Artikel Ini

Jane Masoli, Ph.D. (c), Jane Masoli adalah mahasiswa doktoral klinis di Universitas Exeter di Inggris. 

Natasha Trentacosta, M.D, Natasha Trentacosta adalah dokter medis dengan gelar "M.D." (Doctor of Medicine). Ia adalah seorang spesialis kedokteran olahraga yang berafiliasi dengan Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles.



Artikel Lainnya Yang Setopik

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Lari, Latihan Isometric, dan Pengaturan Nutrisi | Cara menurunkan darah tinggi.

Muka merah saat olahraga lari disebabkan oleh pembuluh darah kapiler, warna kulit terang, dan gejala heatstroke. Berikut solusi muka merah saat lari. | Muka merah saat lari.

Penyempitan pembuluh darah merupakan hal yang berbahaya untuk kesehatan kita. Berikut manfaat olahraga lari untuk penyempitan pembuluh darah. | Manfaat lari untuk peredaran darah.

Alasan kenapa tidak boleh langsung duduk setelah lari adalah agar tubuh bisa melewati proses pendinginan dan mengirimkan darah kembali ke jantung. | Langsung duduk habis lari.

Kadar gula darah di dalam tubuh sangat bergantung pada kerja insulin. Berikut manfaat olahraga lari untuk mengontrol kadar gula darah. | Manfaat lari untuk gula darah.

Apakah Habis Donor Darah Boleh Lari? | Donor darah merupakan hal baik yang bisa dilakukan. Namun apakah habis donor darah boleh lari? Ayo pelajari semuanya tentang donor darah di sini. | Lari habis donor darah.



Demikian pembahasan untuk cara mengatasi darah rendah kali ini. Jika kamu punya pertanyaan atau punya topik yang ingin dibahas, silahkan komen dibawah ya!

Jika kamu sedang mencari berbagai perlengkapan lari original seperti sepatu, pakaian, atau fitness gear lainnya, kamu bisa cek rekomendasi kami di shopee atau di laman produk.  

Follow juga Tiktok kita di @runners.case untuk mendapatkan tips lari harian dan serba-serbi olahraga lari langsung di timelinemu!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Darah Rendah Untuk Pelari"

beli alat olahraga
cara tambah tinggi badan